Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Intip Daftar Bisnis Surya Darmadi, Tersangka Korupsi Rp78 Triliun

Mungkin banyak yang penasaran dengan daftar bisnis milik Surya Darmadi yang kini ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang.
SHARE
Intip Daftar Bisnis Surya Darmadi, Tersangka Korupsi Rp78 Triliun
SOLOPOS.COM - Tersangka kasus korupsi PT Duta Palma, Surya Darmadi,(tengah) saat tiba di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Senin (15/8/2022). Selama ini Surya Darmadi dikenal sebagai pengusaha dengan sederet bisnis. (Antara/Reno Esnir).

Solopos.com, SOLO — Mungkin banyak yang penasaran dengan daftar bisnis milik Surya Darmadi yang kini ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang.

Kabar terbaru, tersangka kasus dugaan korupsi PT Duta Palma, Surya Darmadi, batal diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dilarikan ke ICU dan menjalani perawatan intensif.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Pembatalan rencana pemeriksaan bos Duta Palma itu disampaikan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana. Sumedana mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap Surya Darmadi bakal dilakukan setelah dia pulih.

“Untuk alasan kemanusiaan, SD sementara waktu harus menjalani perawatan intensif di RSU Adhyaksa, sehingga proses penyidikan ditunda hingga kondisi kesehatan SD pulih kembali dan siap untuk menjalani pemeriksaan lanjutan,” ucap Ketut dalam keterangan resminya, Jumat (19/8/2022).

Diketahui, Surya Darmadi merupakan tersangka kasus korupsi penyerobotan lahan dengan kerugian Rp78 triliun. Kasus ini ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung). Dia juga tersangka kasus suap pengajuan revisi alih fungsi hutan yang ditangani KPK.

Baca Juga: Masuk ICU, Surya Darmadi Batal Diperiksa KPK

Lantas bisnis apa saja yang dijalankan Surya Darmadi hingga jumlah uang dalam kasusnya sangat fantastis? Melansir dari berbagai sumber, Surya Darmadi merupakan pemilik PT Duta Palma Group.

Diketahui Surya Darmadi sempat masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia di urutan ke-28 menurut majalah Forbes pada 2018. Tak tanggung-tanggung, total nilai kekayaan Surya Darmadi kala itu, mencapai US$45 miliar.

Selain itu, mengutip dari Bisnis.com, Surya Darmadi adalah bos Darmex Agro Group yang didirikannya tahun 1987 di Jakarta. Darmex Group merupakan salah satu korporasi terbesar dalam bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit di Indonesia.

Sebagai informasi, Darmex Agro Group adalah anak perusahaan PT Duta Palma Group. Darmex Agro Group ini juga merupakan perusahaan produksi dan pengekspor minyak sawit terbesar di Indonesia, dan memiliki areal perkebunan yang tersebar di Provinsi Riau.

Baca Juga: Terkini, Kondisi Surya Darmadi Terduga Pelaku Korupsi Rp78 Triliun

Tak hanya itu, Surya Darmadi juga tercatat memiliki beberapa bisnis lainnya.

Melansir dari keterangan Kejagung, Surya Darmadi memiliki beberapa perusahaan selain Darmex Agro Gruop. Terdapat beberapa perusahaan lagi yang dimiliki Surya Darmadi dan semuanya di bidang persawitan.

Perusahaan tersebut di antaranya PT Seberida Subur, PT Panca Agro Lestari, PT Palma Satu, PT Banyu Bening Utama, dan PT Kencana Amal Tani. Semua itu diketahui seusai Kejaksaan Agung menyita beberapa hektare lahan dari kelima perusahaan tersebut di wilayah Provinsi Riau.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode