SOLOPOS.COM - Pemain Paris St Germain Maxwell (tengah) berusaha melewati hadangan pemain Manchester United Phil Jones (bawah). JIBI/Reuters /Jeff Haynes

International Champions Cup 2015 yang mempertemukan Manchester United vs Paris Saint Germain (PSG) berakhir dengan kemenangan PSG. Ada kelemahan di sektor belakang MU.

Solopos.com, CHICAGO—Manchester United semakin memiliki alasan kuat untuk secepatnya mendatangkan bek sentral tangguh, seperti Sergio Ramos dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu terlihat jelas ketika barisan pertahanan United tampak lengah ketika dipencundangi Paris Saint-Germain (PSG) 0-2 pada laga pramusim International Champions Cup (ICC) di Soldier Field, Chicago, Amerika Serikat (AS), Kamis (30/7/2015) pagi WIB.

Manajer United, Louis van Gaal, memasang formasi empat bek dengan Phil Jones dan Daley Blind sebagai tandem di posisi center back, masing-masing kanan dan kiri. Sementara Luke Shaw dan Matteo Darmian ditempatkan masing-masing di sisi sayap kiri dan kanan.

Jones dan Shaw membuat kesalahan dan tak bisa mencegah penyerang PSG, Blaise Matuidi mencetak gol pada menit ke-25. Sekitar sembilan menit berselang, duo bek United itu lagi-lagi gagal mengatasi serangan United dan membuat bintang PSG, Zlatan Ibrahimovich, dengan mudah menggandakan keunggulan timnya.

Jones menjadi salah satu bek sentral kanan yang sepertinya akan menjadi korban pencoretan Van Gaal pada laga pembuka Setan Merah di Liga Premier 2015/2016 melawan Tottenham Hotspur, 8 Agustus mendatang.  “Saya pikir, saya akan memainkan [Luke] Shaw dengan Daley Blind di posisi sentral kiri. [Tapi] Saya harus memikirkan lagi untuk sentral kanan pertahanan. Namun saya puas dengan performa [bek kanan] Matteo Darmian,” ujar Van Gaal, seperti dilansir bbc.co.uk.

Bukan hanya barisan pertahanan yang kurang memuaskan Van Gaal. Kiper utama Setan Merah, David de Gea, yang biasanya tampil garang di bawah mistar United, tidak dalam performa terbaiknya. Masalah rumor transfer De Gea ke Madrid pun disebut-sebut sebagai alasan menurunnya kiper muda Spanyol itu.

United memang telah mendatangkan Sergio Romero. Sebaliknya, Madrid telah membeli Kiko Casilla. Akan tetapi rumor kepindahan De Gea ke salah satu tim ibu kota Spanyol itu belum juga mereda. Selama dipasang 45 menit di babak pertama, gawang De Gea kebobolan dua gol. Kesalahan yang ia lakukan di awal pertandingan juga nyaris memberi hadiah gol bagi Ibrahimovic. Van Gaal juga menuding De Gea ikut andil atas gol pertama Les Parisiens, julukan PSG.

“Kami mengalami situsasi yang tak nyaman, buat kami atau klub. Mungkin dia [De Gea] ingin pergi. Saya  tidak bilang dia main buruk di laga ini, hanya dia membuat sebuah kesalahan. Itu tidak buruk. Semua orang bisa membuat kesalahan namun ketika seorang kiper membuat sebuah kesalahan itu berharga bagi gol bagi lawan dan itu berbeda,” jelas Van Gaal, seperti dilansir Daily Mail.

Rumor transfer De Gea membuat Van Gaal frustrasi. Namun, masalah lain yakni transfer Angel di Maria sepertinya juga tak kalah membuat pelatih berjuluk Si Tulip Besi itu uring-uringan akhir-akhir ini. Di Maria yang belum juga bergabung dengan Setan Merah sejak membela Argentina di Copa America 2015 dikabarkan semakin dekat bergabung dengan PSG.

“Mungkin Anda tahu?,” ujar Van Gaal ketika ditanya seorang jurnalis  tentang keberadaan Di Maria saat jumpa pers seusai laga. Ketika sang jurnalis menjawab tidak, Van Gaal pun mengatakan: “Saya juga tidak tahu.”

Sebaliknya, Manajer PSG, Laurent Blanc, mengakui pemain termahal United itu hampir menyelesaikan proses transfernya ke Les Parisiens. “Anda tahu negosiasi sedang berjalan antara dua tim besar PSG [serta United], itu bisa sulit. Namun kami merasa kami semakin dekat menuntaskannya,” ujar Blanc, seperti dikutip Soccerway. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya