SOLOPOS.COM - Mendagri Tito Karnavian. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah pusat menginstruksikan pemerintah kota maupun kabupaten untuk menutup alun-alun saat malam pergantian tahun atau tahun baru.

Dilansir Liputan6.com, Selasa (23/11/2021), Pemerintah pusat menguatkan hal itu dengan menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No.62/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru tahun 2022. Pemerintah pusat meminta setiap daerah tidak membuka alun-alun kota maupun kabupaten saat akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Catatan Erupsi Gunung Slamet — Prediksi Letusan Dahsyat

“Menutup semua alun-alun pada tanggal 31 Desember 2021 sampai dengan 1 Januari 2022,” bunyi Inmendagri tersebut.

Lalu, pemerintah daerah juga harus melakukan rekayasa dan antisipasi aktivitas pedagang kaki lima (PKL) di pusat keramaian agar tetap menjaga jarak antarpedagang dan pembeli. Selain itu, kegiatan seni budaya juga ditiadakan sementara waktu.

“Meniadakan kegiatan seni budaya dan olahraga pada tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022,” imbuhnya.

Baca Juga : 5 Gunung Angker di Jawa Tengah: Lawu-Slamet

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi meminta para menteri mengkomunikasikan dengan baik ke masyarakat soal kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 saat libur natal dan tahun baru (Nataru). Jokowi menyebut beberapa pihak menolak kebijakan tersebut.

“Rencana penerapan PPKM level 3 di seluruh Indonesia saat natal dan tahun baru. Ini agar dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas Evaluasi PPKM di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/11/2021).

Baca Juga : Ancang-Ancang Libur Nataru-KTT G20, Ini Pesan Jokowi pada Para Menteri

Jokowi juga memerintahkan para menteri untuk menyampaikan perkembangan kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi di Eropa. Jokowi menekankan hal itu sebagai landasan keputusan pemerintah menerapkan PPKM level 3 di seluruh Indonesia saat libur Nataru.

“Ini penting sekali sebagai sebuah background dari keputusan yang akan diambil. Karena memang ada beberapa yang menolak pemberlakuan PPKM level 3 ini karena memang menginginkan situasi menjadi normal kembali,” ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya