Instruksi Baru WHO: Lansia 60 Tahun ke Atas Wajib Pakai Masker Medis

WHO akhirnya meralat pedoman mereka tentang masker dan sejalan dengan banyak negara di dunia.
SHARE
Instruksi Baru WHO: Lansia 60 Tahun ke Atas Wajib Pakai Masker Medis
SOLOPOS.COM - Penduduk Wuhan masih menggunakan masker setelah wabah virus corona merebak di wilayah tersebut, 12 April 2020. (Aly Song/Reuters)

Solopos.com, GENEWA – WHO kembali memberikan pedoman baru terkait kebiasaan masyarakt di tengah pandemi virus corona Covid-19. WHO meminta semua negara mewajibkan penggunaan masker medis untuk para lansia berusia di atas 60 tahun.

WHO Bantah Ilmuwan Italia yang Sebut Potensi Virus Corona Melemah

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Lansia di atas 60 tahun rentang terserang berbagai macam virus apalagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

Sementara untuk masyarakat lain, WHO memberikan pedoman baru dengan merekomendasikan wajib menggunakan masker kain yang setidaknya terbuat dari tiga lapisan kain. Masker ini wajib digunakan di tempat-tempat ramai seperti angkutan umum, toko-toko mapun lingkungan ramai lainnya.

Para tenaga kesehatan pun wajib mengenakan masker medis saat berada di daerah-daerah dengan tingkat transmisi penyakit yang luas. Selain penggunaan masker WHO juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga jarak fisik satu sama lain.

Politikus PKS: Comot WHO, New Normal Indonesia Tak Masuk Akal

Pada sesi jumpa pers WHO pada 3 Juni 2020, Ahli Epidemiologi Penyakit Menular sekaligus Direktur Eksekutif Kedaruratan Kesehatan WHO, Michael Ryan mengaku masih percaya bahwa masker wajib digunakan untuk mengendalikan sumber-sumber penyakit.

“Masker untuk tujuan pengendalian sumber penyakit. Dengan kata lain orang-orang yang mungkin menular, mengurangi kemungkinan mereka akan menulari orang lain,” terang Ryan, sebagaimana dilansir Vox, Senin (8/6/2020).

Ralat Pedoman Masker

Akhir pekan lalu Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus memberikan peringatan bahwa masyarakat yang telah mengenakan masker wajib berhati-hati dan tetap tidak melupakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta protokol kesehatan lainnya.

Peringatan WHO: Puncak Gelombang Kedua Covid-19 Diprediksi Akhir 2020, Tetap Waspada!

“Masker juga dapat menciptakan rasa aman yang salah. Membuat orang mengabaikan langkah-langkah seperti kebersihan tangan dan menjaga jarak secara fisik. Saya tidak bisa mengatakan ini dengan cukup jelas. Masker saja tidak akan melindungi Anda dari Covid-19,” tuntasnya.

Namun beberapa waktu lalu WHO akhirnya meralat pedoman mereka tentang masker dan sejalan dengan banyak negara di dunia. WHO akhirnya sepakat untuk mewajibkan penggunaan masker di ruang publik yang penuh sesak seperti di Kuba, Prancis, Kamerun, Vietnam, Slovakia, dan Honduras.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) (CDC) juga telah menyarankan memakai masker wajah dari kain saat berada di tempat umum,  social distancing (jaga jarak) sulit diterapkan. Aturan tersebut sudah diberlakukan sejak 3 April 2020.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago