SOLOPOS.COM - Ir Ciputra (Dok/JIBI)

Pengusaha papan atas Indonesia, Ir Ciputra membagi resep sukses berwirausaha. Berikut tulisannya dalam Ciputra Way.

Solopos.com, JAKARTA — Cendekiawan Perancis Paul Broca pernah mengatakan asumsi-asumsi yang paling jarang dipertanyakan seringkali adalah yang justru harus dipertanyakan dan dikritisi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meskipun kita belum tahu secara pasti, kita bisa bertaruh bahwa akan ada lebih banyak rencana yang gagal dan berjalan tidak sesuai target karena menggunakan berbagai asumsi yang tidak teruji keabsahannya dan menyesatkan. Dan dalam banyak kasus, hal ini menjadi alasan utama kegagalan sebuah manajemen bisnis.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan kata lain, perencanaan masa depan sebuah bisnis dengan menggunakan pondasi yang kurang solid menghasilkan langkah bisnis yang kurang meyakinkan pula.

Dan kita sebagai entrepreneur juga bertaruh terdapat hubungan linier antara sejumlah asumsi yang tidak diperiksa validiitasnya yang berisiko gagal, makin pasti orang yang menggunakannya berpikir bahwa mereka sudah ada di jalur yang benar. Padahal tidak demikian. Saatnya untuk mengevaluasi langkah kita. Apakah kita juga menjalankan bisnis dengan menggunakan asumsi-asumsi yang terlalu optimis dan cenderung membodohi pihak lain dan diri kita sendiri?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya