SOLOPOS.COM - Peluncuran aplikasi Sistem Informasi Pendamping Hasil Pengawasan (SIP-HP) oleh Plh. Bupati Banjarnegara H. Syamsudin, di Aula Sasana Abdi Praja Setda, Rabu (8/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Inspektorat Kabupaten Banjarnegara meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pendamping Hasil Pengawasan (SIP-HP).

Peluncuran SIP-HP oleh Plh. Bupati Banjarnegara H. Syamsudin, di Aula Sasana Abdi Praja Setda, Rabu (8/9/2021) dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) hingga esok hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Syamsudin dalam sambutannya memberikan apresiasi atas inovasi SIP-HP. Aksi perubahan tersebut sangat bagus dan relevan dengan tupoksi Inspektorat sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Inovasi SIP-HP yang digagas oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Banjarnegara, Dwi Cahyadi, S.Kom .Si, adalah sebuah mekanisme dalam penyampaian tindak lanjut hasil pengawasan dari audit kepada APIP Inspektorat Banjarnegara menggunakan sarana file digital, sehingga dapat mempercepat proses tindak lanjut atas hasil pengawasan yang telah diterbitkan oleh APIP pada suatu entitas, dan meminimalisasi terjadinya pertemuan secara langsung di era pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga: Pantau Harga Komoditas, Disperindagkop UKM Banjarnegara Luncurkan Sipinter-APIK

“Selamat atas diluncurkannya aksi perubahan berupa inovasi SIP-HP hari ini, dan juga dilanjutkan dengan kegiatan bimbingan teknis Sistem Pengawasan Keuangan Desa atau Siswaskeudes,” sambut Syamsudin.

Menurutnya, pengawalan terhadap pengelolaan keuangan desa merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan akuntabilitas penggunaan keuangan negara di desa. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, maka penggunaan aplikasi dapat dipilih sebagai bagian dari upaya mempermudah pengawalan terhadap keuangan desa.

“Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengapresiasi pengembangan aplikasi siswaskeudes dan mendorong aparat pengawasan internal pemerintah di Inspektorat Banjarnegara agar dapat menguasai penggunaan aplikasi ini, sehingga pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa dapat berjalan secara lebih efektif dan efisien,” imbuhnya.

Baca Juga: JPS Efektif Bantu Pemenuhan Kebutuhan Warga Banjarnegara di Tengah Pandemi

Peluncuran inovasi SIP-HP diteruskan dengan bimtek selama dua hari, guna membantu APIP dalam mengoptimalkan peran pengawasan keuangan desa yang efektif dan efisien. Di samping itu akan mendorong APIP agar dapat menguasai penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi khususnya dalam pengawasan keuangan desa.

Inspektur Kabupaten Banjarnegara, Achmad, S.Sos.M.Si, peserta bimtek sejumlah 28 orang terdiri atas Pejabat Struktural dan Fungsional Tertentu pada Inspektorat Kabupaten Banjarnegara. Tujuannya meningkatkan kualitas database hasil pengawasan sehingga tercapai efektivitas kinerja pegawai dalam pelayanan publik atas tindak lanjut hasil pengawasan.

Acara tersebut menghadirkan narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara; Asisten Pemerintahan dan Kesra, beberapa kepala OPD : Bagian Hukum dan perwakilan camat serta Direktur Perusda Percetakan Karya Praja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya