SOLOPOS.COM - Petugas gabungan di Kabupaten Karanganyar menggelar inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (ramp check) di dua perusahaan transportasi umum di wilayah Colomadu, Selasa (19/4/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Petugas gabungan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menggelar inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan atau ramp check di dua perusahaan transportasi umum, Selasa (19/4/2022).

Langkah itu dilakukan menjelang mudik Lebaran 2022. Kali ini, petugas gabungan melakukan inspeksi ke garasi bus Mata Trans dan Arista Onion Trans di Kecamatan Colomadu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada dua lokasi tersebut ramp check dilakukan terhadap 17 unit bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan enam unit bus antar kota dalam provinsi (AKDP).

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar, Bambang Prasetyo, mengatakan ramp check meliputi administrasi dan teknis. “Ada dua yang kami periksa yaitu sisi administrasinya serta sisi teknis utama dan penunjang,” ujarnya, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga : Cek Persyaratan Pemudik, Terminal Tirtonadi Solo Siapkan Pos Kesehatan

Unsur administrasi meliputi pengecekan buku uji, kartu pengawasan izin operasional, Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Unsur teknis utama meliputi sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban, dan sabuk keselamatan.

Unsur teknis penunjang yang diperiksa meliputi pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan dan perlengkapan tanggap darurat.

Selain itu, tim juga memeriksa unusur protokol kesehatan pencegahan Covid-19, di antaranya ketersediaan hand sanitizer, masker, dan jarak/pengaturan tempat duduk. “Semuanya secara teknis dinyatakan layak jalan dan siap melakukan pelayanan,” tutur dia.

Baca Juga : Ini Lokasi Rawan Macet di Jateng saat Mudik Lebaran 2022, Ada 54 Titik

Namun, Bambang juga menyampaikan bahwa pihak pengelola tidak bisa menunjukkan surat-surat milik sejumlah kendaraan. Saat itu, mereka beralasan disimpan oleh pihak perusahaan.

“Yang lolos keduanya langsung dilakukan pemasangan stiker oleh pihak BPTD [Balai Pengelola Transportasi Darat dari Kementerian Perhubungan],” katanya.

Rencananya, ramp check dilanjutkan ke perusahaan angkutan lainnya di Karanganyar pada Kamis (21/4/2022). Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Yulianto, melalui Kasi Humas, AKP Agung Purwoko, mengatakan pengecekan melibatkan personel dari unsur Polres, Dishub, Jasa Raharja, dan Samsat Karanganyar.

Baca Juga : Ingin Mudik Lebaran 2022 Pakai Kendaraan Pribadi? Cek Syaratnya

“Kegiatan ini upaya meningkatkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, khususnya angkutan umum dalam rangka mudik Lebaran. Satlantas bersama Dinas Perhubungan Karanganyar dan lainnya melaksanakan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan atau ramp check,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya