SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos, KLATEN – Grup Facebook Input (Informasi Seputar Tulung) membikin sayembara untuk memburu pembuang sampah sembarangan di jalur jalan raya kawasan Kecamatan Tulung, Klaten. Sayembara itu dibuat lantaran warganet kesal atas aksi buang sampah sembarangan di wilayah Tulung.

Salah satu admin grup Input, Agung, mengatakan ide sayembara itu muncul atas banyaknya respons dari postingan sampah liar yang ditemui di kawasan jalan raya Kecamatan Tulung yang menghubungkan dengan Kabupaten Boyolali.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Banyak tumpukan sampah yang dibuang sembarangan seperti di sekitar jembatan di jalan raya Kecamatan Tulung, jembatan selatan SMP Tulung, jembatan Desa Majegan. Beberapa kali informasi limbah sampah diunggah dan beragam komentar bermunculan dari merasa risih hingga mencela perilaku buang sampah sembarangan,” jelas Agung kepada , Rabu (25/9/2019).

Padahal, di kawasan-kawasan yang menjadi langganan untuk buang sampah sembarangan sudah ditempel tulisan larangan membuang sampah. Aksi bersih-bersih sampah di jalan raya Kecamatan Tulung juga pernah dilakukan oleh musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) Tulung.

Namun, berbagai upaya tersebut belum menyadarkan pelaku pembuangan sampah lantaran masih kerap ditemui sampah-sampah baru.

Agung mengatakan sayembara terbuka untuk umum. Siapapun yang berhasil memotret atau merekam video aksi pembuangan sampah sembarangan di sepanjang jalur utama Kecamatan Tulung tanpa rekayasa bisa mengikuti sayembara.

Foto hasil bidikan kamera atau rekaman video bisa dikirim melalui nomor WA 085729211460. Oleh admin, foto atau video bakal diunggah ke grup Facebook sebagai sanksi sosial bagi pelaku pembuangan sampah sembarangan. Batas waktu sayembara berlangsung hingga diperoleh hasil pemburuan.

Admin grup Input lainnya, Rudy, mengatakan sayembara terbagi dalam tiga kategori. Selain kategori foto dan video hasil buruan pembuang sampah sembarangan, ada kategori foto dan video terbaik memberikan teguran kepada orang yang menjadi pelaku pembuang sampah sembarangan. Ada pula kategori foto dan video aksi bersih-bersih sampah di jalan raya utama Kecamatan Tulung.

Hadiah bagi pengirim foto dan video terbaik untuk kategori pemburu pembuang sampah sembarangan yakni kuota internet selama dua bulan, makan gratis, serta uang Rp300.000.

Untuk foto dan video terbaik pemberi teguran kepada pelaku pembuang sampah sembarangan mendapatkan hadiah berupa kuota internet selama satu bulan dan makan gratis. Sementara, foto dan video aksi bersih-bersih sampah terbaik mendapatkan hadiah kuota internet selama satu bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya