Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Inovatif, Warga Boyolali Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Bangunan

Batu cantik produksi KSM Kampung Asri sempat menjadi suvenir untuk Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier, saat berkunjung di Yogyakarta

Solopos.com, BOYOLALI Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kampung Asri di Dukuh Karangwuni, Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali berhasil mengolah sampah plastik kresek menjadi bahan bangunan seperti paving block dan batu candi. Penggagas sekaligus Ketua KSM, Saryono, menamakan paving block terbuat dari plastik tersebut dengan nama paving bergaransi. Sedangkan batu candi diberi nama batu cantik atau singkatan dari batu candi plastik.

Batu cantik produksi KSM Kampung Asri sempat menjadi suvenir untuk Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier, saat berkunjung di Yogyakarta pada Jumat (17/6/2022). Untuk harga batu cantik, dibandrol dengan harga Rp2.000 per biji.Untuk satu paving, butuh sampah plastik kresek sekitar tiga kilogram. Sedangkan untuk satu batu cantik atau candi plastik sekitar 0,75 kilogram.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

 

Pekerja merapikan paving block berbahan sampah plastik yang telah selesai dicetak di KSM Kampung Asri di Dukuh Karangwuni, Desa Doplang, Teras, Boyolali, Minggu (3/7/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode