SOLOPOS.COM - Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti memberikan plakat peresmian dimulainya pembangunan prototipe SPAH Segoro Amarto (Istimewa)

Inovasi warga Bangirejo untuk memanfaatkan air hujan

Harianjogja.com, JOGJA — Menghadapi musim penghujan, warga Kampung Bangirejo, Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, warga mempersiapkan diri. Mereka mulai membuat Sumur Pembuangan Air Hujan (SPAH). Namun sumur yang dibuat warga ini bukan sekadar penampung air hujan. Lebih dari itu sumur yang didesain warga ini menampung air hujan sekaligus mengalirkan ke dalam sumur warga untuk ketersediaan air bersih konsumsi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ide warga ini pun mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Jogja bahkan akan menjadi percontohan untuk diterapkan di beberapa wilayah lainnya.

“Pak Wali Kota Jogja tertarik dengan ide kami sehingga sumur ini kami namakan SPAH Segoro Amarto,” ujar Herman Setiawan, warga Bangirejo, saat ditemui media ini di kediamannya, Senin (18/9/2017).

SPAH Segoro Amarto ini hanya memanfaatkan sebagian SPAH yang dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja. Warga kemudian menambah sumur disamping SPAH, lalu sumur dengan kedalaman 2,5 meter itu pun ditambah lagi dengan sumur bor dengan pipa diameter enam dan kedalaman delapan meter.

Harapannya genangan air hujan yang tertampung di SPAH tidak terbuang begitu saja, melainkan kembali ditampung dalam sumur, selanjutnya masuk dalam tanah melalui pipa delapan meter.

“Air yang masuk ke dalam tanah dipastikan sudah tersaring melalui dua bak kontrol material lumpur, sehingga saat saat masuk sumur bor air sudah bersih,” ujar Setiawan.

Setiawan mencoba ide warga tersebut hingga akhirnya secara swadaya warga sepakat untuk membuat sumur serupa setidaknya di 105 titik di wilayah RW 10-12. Wilayah tersebut yang selama ini langganan terjadi genangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya