SOLOPOS.COM - Kades Plosowangi, Surip.

Solopos.com, KLATEN – Kepala Desa (Kades) Plosowangi, Kecamatan Cawas, Klaten, Surip, 65, meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam (RSI) Cawas, Selasa (30/11/2021) pukul 14.00 WIB. Sesuai rencana, mendiang Surip dimakamkan di Sasonoloyo Dukuh Tukuman, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Rabu (1/12/2021) pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, mendiang Surip merupakan salah satu dari 269 kades yang dilantik Bupati Klaten, Sri Mulyani, 16 Mei 2019. Mendiang Surip memenangi gelaran Pilkades serentak gelombang II di Klaten, Rabu (13/3/2019). Mendiang Surip meninggalkan satu orang istri dan empat anak.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Camat Cawas, M. Prihadi, mengatakan kabar meninggalnya Kades Plosowangi mengagetkan dirinya dan beberapa anggota paguyuhan kades di Cawas. Sebelum meninggal dunia, Pemerintah Kecamatan Cawas sempat berkoordinasi dengan beberapa kades di Cawas. Hal itu termasuk dengan mendiang Surip selaku Kades Plosowangi.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Makin Wah, Tirto Mili Klaten bakal Dilengkapi Embung dan Pulau Buatan

“Kemarin siang sakit mendadak. Diduga sakit jantung atau asam lambung. Paginya itu kan sempat berkoordinasi terkait beberapa hal, seperti membahas percepatan anggaran, peningkatan kinerja perangkat desa, antisipasi Natal dan Tahun Baru, antisipasi bencana alam. Pagi itu masih gojek-gojek, enggak tahu kenapa siangnya sempat jatuh lalu dibawa ke RS,” kata M. Prihadi, kepada Solopos.com, Rabu (1/12/2021).

M. Prihadi mengatakan mendiang Surip merupakan sosok kades di Kecamatan Cawas yang berkinerja baik, loyal, dan berdedikasi tinggi dalam melayani masyarakat. Dalam bergaul dan menjalin komunikasi, mendiang Surip sering memberikan petuah dan nasihat/motivasi kepada orang yang lebih muda.

“Usianya sudah tergolong sepuh, yaitu 65 tahun. Tapi masih energik dan selalu hadir memenuhi undangan rapat. Saya pribadi sangat kehilangan dengan meninggalnya beliau. Semoga, husnulkhatimah. Memang, informasi dari teman-teman perangkat desa di Cawas, dua hari sebelum meninggal dunia itu sudah ada gejala masuk angin [dialami mendiang Surip],” katanya.

Baca Juga: Katrol Unik Masjid di Kahuman Klaten, Perkampungan Tertua di Indonesia

Kabar duka atas meninggalnya kades Plosowangi juga disampaikan Bupati Klaten, Sri Mulyani, melalui akun Instagram (IG), Selasa (30/11/2021) malam. Melalui akun @yani_sunarno_snm, orang nomor satu di Pemkab Klaten itu menyampaikan turut berduka cita.

“Nderek belo sungkowo atas meninggalnya Bp. Surip (Kades Plosowangi, Cawas). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan. Al Fatihah,” kata @yani_sunarno_snm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya