SOLOPOS.COM - Direktur Utama PT Inka, Budi Noviantoro menunjukkan bus listrik yang diberi nama E-INOBUS, Senin (19/10/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Sloops.com, MAGELANG – PT INKA siap meramaikan pasar bus bertenaga listrik. Setelah memamerkan bus listrik ukuran delapan meter, PT INKA disebut menyiapkan bus ukuran 12 meter.

Dilansir Suara.com, prototipe bus listrik bikinan PT INKA itu telah meramaikan pameran kendaraan listrik yang digelar Kementerian Perhubungan di Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Sabtu (6/11/2021). Basis produksi kereta api dianggap PT INKA tak menjadi kendala untuk memproduksi bus listrik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Oleh karena itu INKA juga akan masuk ke bus listrik, baik ukuran meter maupun 12 meter. Prototipe yang sudah jadi dan dibawa ke pameran ini bus ukuran 8 meter, sekarang kami sedang berproses di Madiun untuk yang 12 meter dan 8 meter,” kata General Manager Pengembangan PT INKA, Junaidi.

Baca Juga: Ford Suntik Truk F Series dengan Tenaga Listrik

Sementara untuk prototipe dengan ukuran panjang delapan meter yang telah dipamerkan itu, lanjut Junaidi, memiliki daya tahan listrik yang mendukung perjalanan hingga 250 kilometer. “Daya tahan listrik mencapai 0-200 kilometer, tetapi sisanya 20 persen, kalau dihabiskan bisa mencapai 250 kilometer,” jelas Junaidi.

Diam-diam bus listrik bikinan pabrik dari Madiun tersebut sudah pernah diuji coba. Uji coba diterangkan Junaidi dilakukan di Madiun sendiri, Bali dan Jakarta.

Baca Juga: Dear Sopir Bus: Sebelum Ngeblong Baca Dulu Aturan Ini!

Sementara ini bus listrik tersebut akan diproduksi setelah ada pesanan. Mengenai komponen bus, Junaidi memastikan INKA siap berikut fasilitas produksi di pabrik mereka.

Soal harga, bus listrik bikinan INKA tersebut diterangkan Junaidi lebih mahal dua tiga kali lipat jika dibandingkan dengan bus berbahan bakar bensin atau solar. Namun, pengggunaan bus bakal sebanding mengingat bus listrik lebih hemat cost energinya. “Sekitar tiga kali lipat. Namun kendaraan listrik sangat hemat dihitung dari operasi dan perawatan, karena mobil listrik sangat sedikit komponennya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya