SOLOPOS.COM - Penandatanganan kesepakatan bersama antara PT Inka dengan Pemprov Kalteng, Rabu (27/4/2022). (Istimewa/PT Inka)

Solopos.com, MADIUN — PT Industri Kereta Api (Inka) digandeng Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk pembangunan proyek perkeretaapian di provinsi tersebut. PT Inka juga bakal membangun sarana rel kereta api sepanjang hampir 600 km.

Hal itu tertuang dalam nota kesepakatan antara PT Inka dan Pemprov Kaltim terkait rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian pada Rabu (27/4/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Utama PT Inka, Budi Noviantoro, mengatakan kesepakatan bersama ini adalah bentuk respon yang baik dari pihak Pemprov Kalteng untuk pembangunan jalur kereta api di wilayah tersebut.

“Terima kasih, PT Inka sudah mendapatkan respon yang baik dari Pemprov Kalteng dengan adanya pelaksanaan penandatangan MoU untuk pembangunan jalur  kereta api dari Purukcahung sampai ke Batanjung,” jelas Budi yang dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: Di Madiun, Harga Daging Ayam Naik dan Daging Sapi Stabil Jelang Lebaran

Menurutnya, tim PT Inka memerlukan bantuan dari seluruh elemen Pemprov Kalteng untuk membuat kajian awal untuk persyaratan pembuatan jalur kereta api.

“Nantinya kami akan melibatkan Dari Pemprov Kalteng, Pak Gubernur, Pak Wagub dan Pak Sekda, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas PU dan hingga Kepala Dinas Perhubungan karena di Kalimantan Tengah ini kondisi tanahnya sebagian masih berupa gambut. Nanti mohon bantuan karena ini baru jalur alternatif dan kami sudah membuat kajian awal dengan asumsi-asumsi yang kita belum tahu detail-detail kondisinya,” ungkap Budi.

Budi menyampaikan setelah penandatanganan kesepakatan ini pihaknya segera membuat survey trase dan Pre-feasibility Studi (Pre-FS) untuk melihat lebih detail kondisi tanah dan kondisi topografi.

Baca Juga: Seorang Pemuda Alami Luka Parah karena Petasan 1 Kg Meledak di Madiun

Hal itu dibutuhkan untuk persyaratan pembangunan kereta api. Kereta api ini nantinya diperuntukkan untuk angkutan barang, khsusnya batubara dan mengangkut produk-produk dari food estate.

“Kami tahu di sana ada pengembangan food estate sehingga memerlukan transportasi khususnya kereta api dengan skala lebih besar untuk bisa membawa produk-produk dari food estate ini untuk keluar Kalimantan Tengah dan yang lainnya,” jelasnya.

Budi menyampaikan Inka akan mencoba merintis angkutan-angkutan penumpang, sehingga bisa dipadukan antara gerbong barang dan kereta penumpang.

Untuk jalur kereta yang akan dibangun, yaitu menggunakan lebar track dengan standard gauge, lebar 1435 mm, axle load-nya untuk 22,5 ton.

Baca Juga: Petasan Meledak saat Sahur, Satu Rumah Warga di Madiun Kocar-Kacir

“Sehingga kami berencana membangun jalur ini bisa mengangkut batu bara, sekitar 30 juta ton per tahun. Kemudian 1 juta ton padi atau beras. Kemudian penumpang ada dua atau tiga kereta nantinya dengan kereta jenis KRDE di jalur sepanjang hampir 600 km. Termasuk mengembangkan pelabuhan yang ada saat ini di Batanjung,” terangnya.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, mengatakan pihaknya menyambut baik inisiasi PT Inka dalam membantu dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk melakukan kajian rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian di Kalteng.

“Apa yang tengah dilaksanakan saat ini adalah bagian bentuk komitmen pemerintah daerah dalam membuka ruang dan peluang kepada setiap investor yang akan mengembangkan rencana jaringan transportasi perkeretaapian di Kalimantan Tengah dengan mengikuti setiap ketentuan yang berlaku sehingga pelayanan perkeretaapian dapat menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan, cepat, dan terjangkau untuk masyarakat,” ungkap Edy.

Edy menambahkan, dalam rangka pembangunan transportasi perkeretaapian di Kalteng yang telah tercantum dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2015 – 2035, Pemprov Kalteng telah merencanakan pengembangan sistem jaringan transportasi perketaapiaan yang terdiri dari 5 rute yang memiliki potensi dalam membantu meningkatkan perekonomian dan kemudahan mobilitas bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya