Inilah Sosok Jayabaya yang Ramalannya Dipercaya Sepanjang Masa

Prabu Jayabaya adalah seorang raja dari Kediri yang terkenal ahli meramal dan sampai saat ini ramalan tentang masa depan darinya dipercaya sebagai mitos.
Inilah Sosok Jayabaya yang Ramalannya Dipercaya Sepanjang Masa
SOLOPOS.COM - Ilustrasi ramalan Raja Jayabaya (Sumber: Okezone.com)

Solopos.com, SOLO — Ramalan Jayabaya menjadi mitos yang dipercaya masyarakat sejak dulu sampai sekarang. Hal ini disebabkan sosoknya diyakini mampu melihat masa depan dengan cara meramal. Lantas, siapakah sosok Jayabaya sebenarnya?

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (7/12/2021), Jayabaya adalah seorang raja yang terkenal dari Kerajaan Kediri. Prabu Jayabaya menyandang gelar Sri Maharaja Warmmeswara Madhusudana Wataranindita Parakrama Digjayottunggadewanama Jayabhayalancana.

Dia dikenal sebagai peramal legendaris yang mampu meramal masa depan. Dia adalah sosok yang membawa Kerajaan Kediri mencapai puncak kejayaan.

Baca juga: Ningsih Tinampi Ramalkan Gunung Semeru Meletus Sejak 2020

Nama besar Prabu Jayabaya sampai saat ini masih tercatat dalam ingatan masyarakat Jawa. Namanya muncul dalam berbagai kesusatraan Jawa era Mataram Islam, seperti pada Babad Tanah Jawi dan Serat Aji Pamasa. Konon, Jayabaya adalah titisan Wisnu yang berasal dari negara Widarba.

Prabu Jayabaya merupakan raja terkenal dari Kerajaan Kediri. Saat sudah tua dia dikisahkan turun takhta dan moksa di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Sampai saat ini petilasannya dikeramatkan oleh warga sekitar.

Salah satu hal yang paling terkenal dari Prau Jayabaya adalah ramalannya tentang Nusantara di masa mendatang. Dalam ramalan itu disebutkan akan datang suatu masa penuh bencana di mana gunung-gunung akan meletus, bumi berguncang, serta laut dan sungai meluap. Masa penuh penderitaan, kesewenang-wenangan, ketidakpedulian, hingga orang-rang licik berkuasa dan orang baik tertindas.

Baca juga: Simak! 3 Dari 4 Ramalan Jayabaya Ini Sudah Terbukti

Tapi, setelah masa yang paling berat itu, akan datang zaman baru, zaman yang penuh kemegahan dan kemuliaan. Zaman Keemasan Nusantara. Dan zaman baru itu akan datang setelah datangnya sang Ratu Adil, atau Satria Piningit.

Ramalan Jayabaya itu ditulis ratusan tahun lalu, namun masih menjadi mitos yang dipercaya sebagian orang Jawa masa kini. Hal ini menunjukkan bahwa Prabu Jayabaya adalah seorang peramal legendaris yang populer sepanjang masa.

Baca juga: Ramalan Jayabaya Soal Kiamat, Ini Tanda-Tandanya

Bahkan ada 20 ramalan Jayabaya yang disebut-sebut bakal terjadi pada 2022 mendatang. Prabu Jayabaya telah menyebutkan tahun 2022 masuk dalam tahun ganjil atau kalasurata.

Zaman kalasurata ini menggambarkan tanah Jawa yang banyak dihuni oleh orang yang manis budinya dan lemah lembut hatinya, sehabis itu akan berganti, yang artinya menemui kiamat kubra.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago