SOLOPOS.COM - Lomba Cerkak Solopos-Rumah Budaya Kratonan

Solopos.com, SOLO -- Lomba Penulisan Cerita Cekak (Cerkak) Bahasa Jawa khusus pelajar SMA/SMK sederajat selesai digelar.

Lomba hasil kerja sama Harian Umum Solopos dan Rumah Budaya Kratonan (RBK) Solo ini diikuti total 44 peserta. Mereka berasal dari sekolah di wilayah Soloraya dan dari Kudus, Brebes, Bantul, serta Sleman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Proses kurasi naskah lomba cerkak menimbang berbagai faktor, mulai dari bobot karya, gaya penulisan, tata bahasa, dan unsur-unsur dalam penulisan karya sastra Jawa.

Bisa Bertemu dengan Mbah Minto, Ini Ungkapan Bupati Klaten Sri Mulyani

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah proses tersebut, cerkak berjudul Njara Langit karya Hanung Abdul Muqiit Ramadhan Anwar, siswa SMAN 3 Solo, dinobatkan sebagai juara I.

Selanjutnya, cerkak berjudul Duo S-S karya Stephanus Rahardian Hersacra Nudu, siswa SMAN 1 Godean, Sleman, DIY, menjadi juara II. Sedangkan cerkak berjudul Manuta karya Keshawa Fawwazul Gholy Wibawa, siswa SMAN 1 Wonosari, menjadi juara III.

Para pemenang selanjutnya berhak menerima hadiah berupa uang tunai masing-masing Rp500.000, Rp300.000, Rp200.000, dan karya para pemenang akan dimuat di rubrik Jagad Jawa Solopos.

Ingat 377 Pohon yang Dipindahkan karena Proyek Flyover Purwosari, Ini Kondisi Terkini

“Hadiah lomba akan kami transfer kepada para pemenang. Kami senang lomba cerkak ini mendapat respons yang luar biasa dari kalangan pelajar. Kami juga bangga, ternyata generasi muda banyak yang menaruh minat pada penulisan karya sastra Jawa. Kami yakin, masa depan sastra Jawa tetap gemilang ke depannya,” kata Pemimpin Redaksi (Pemred) Solopos, Rini Yustiningsih, Selasa (12/5/2020).

Manajer Pengelola Rumah Budaya Kratonan (RBK) Solo, Sitaresmi Ratih Pratiwi, menyatakan kebanggaannya mengetahui antusiasme para pelajar dalam mengikuti lomba menulis cerita pendek bahasa Jawa ini.

"Apalagi banyak bermunculan penulis-penulis muda dari berbagai daerah di sekitar Soloraya yang tentu saja menjadi satu harapan dan contoh generasi penjaga kebudayaan lokal yang aktif dan produktif. Kami Rumah Budaya Kratonan bersama Solopos mengambil bagian untuk ikut serta meningkatkan kualitas karakter melalui pendidikan bahasa daerah (Jawa) melalui lomba menulis cerkak sehingga dapat menjadi upaya penguatan karakter bangsa," ujarnya.

Proses Panjang

Juara I lomba cerkak pelajar, Hanung Abdul Muqiit Ramadhan Anwar, merasa senang sekali dan bersyukur atas pencapaian tersebut.

Bagaimana Kabar THR Buruh di Solo? Ini Kata Pengusaha

“Alhamdulillah senang sekali karena proses untuk membuat cerkak ini cukup panjang. Mulai dari mencari inspirasi sampai menuliskannya. Butuh memutar otak berulang kali sampai revisi, revisi, dan revisi, agar ceritanya nyambung. Karena saya mencoba membuat alur cerita plot twist seperti di novel dan film yang disukai para remaja. Dan Alhamdulillah saya senang sekali setelah mengetahui saya menang karena memang perjuangannya cukup sulit,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com.

Pemenang Lomba Cerkak Pelajar SMA Sederajat 2020:
Juara I
Judul: Njara Langit
Nama : Hanung Abdul Muqiit Ramadhan Anwar
Sekolah : SMAN 3 Solo

Juara II
Judul: Duo S-S
Nama: Stephanus Rahardian Hersacra Nudu
Sekolah: SMAN 1 Godean, Sleman, DIY

Juara III
Judul: Manuta
Nama: Keshawa Fawwazul Gholy Wibawa
Asal: SMAN 1 Wonosari, Klaten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya