SOLOPOS.COM - Panitia kurban berusaha menjatuhkan sapi jenis Limosin bernama Moli yang merupakan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo pada Iduladha 1443 H/2022 di halaman Masjid Agung Solo, Minggu (10/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan dua ekor sapi kurban untuk dua masjid di Kota Solo pada Iduladha tahun ini. Salah satunya Moli, sapi kurban yang dihibahkan ke Masjid Agung Keraton Solo.

Moli dibeli dari seorang peternak bernama  Harun Alrosid, warga Kedungdowo, Andong, Boyolali. Tak tanggung-tanggung, sapi seberat 1 ton 10 kg itu harganya mencapai Rp100 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Moli tiba di Masjid Agung Solo pada Sabtu (9/7/2022) sekitar pukul 16.30 WIB. Sapi berjenis limosin itu diangkut truk dari Andong, Boyolali. Total ada tujuh ekor sapi dan 12 ekor kambing yang disembelih di Halaman Masjid Agung Solo, Minggu (10/7/2022).

Moli yang merupakan sapi kurban Presiden Jokowi mendapat giliran disembelih pertama oleh panitia Idul Adha 1443 H/2022 M. Saat digiring menuju tempat penyembelihan, puluhan warga juga turut berlari di belakang Moli.

Ada sekitar lima orang panitia yang menggiring Moli hingga ke tempat penyembelihan. Lokasi penyembelihan berada di halaman Kantor Yayasan Jamaah Masjid Agung Surakarta, tepat di sisi utara masjid.

Baca Juga: Buuum! Sapi Kurban Jokowi di Mangkunegaran Solo Disembelih 15 Orang

Area penyembelihan juga dibatasi road barrier besi di sekelilingnya. Hal itu agar penonton tak melihat penyembelihan hewan kurban terlalu dekat. Petugas Linmas juga berjaga di sekitar lokasi.

Dua kaki belakang Moli diikat lebih dulu hingga ia ambruk. Setelah itu, tubuh sapi kurban Presiden Jokowi itu tampak sedikit lemas. Salah satu panitia menghadapkan kepala Moli ke arah barat. Kemudian penyembelihan dimulai.

Butuh waktu sekitar 17 menit untuk menenangkan dan menyembelih Moli hingga selesai. Sekitar pukul 08.03 WIB, penyembelihan Moli rampung. Setelah itu, bagian tubuh Moli ditutup dengan terpal. Panitia penyembelihan pun beralih ke sapi-sapi lain.

Baca Juga: Pemkot Solo Hibahkan 8 Ekor Sapi Kurban, Ini Daftar Masjid Penerimanya

Anak-Anak Tidak Takut

Secara bergantian ditempatkan di lokasi penyembelihan. Proses penyembelihan Moli menjadi tontonan anak-anak yang penasaran melihat sapi kurban dari Presiden Jokowi tersebut.

Salah satu anak yang menonton penyembelihan sapi tersebut, Mizan, 11, mengaku sudah tahu Moli merupakan sapi kurban Pak Presiden. Ia pun tak merasa takut melihat penyembelihan Moli.

“Lihat sapinya Pak Jokowi. Iya tahu, tadi pagi juga habis lihat. Enggak [takut],” terang Mizan saat berbincang dengan Solopos.com di sela-sela melihat penyembelihan sapi.

Baca Juga: Pemkot Solo Hibahkan 8 Ekor Sapi Kurban, Ini Daftar Masjid Penerimanya

Anak lain, Almira, 9, juga mengaku mengetahui ada sapi kurban dari Presiden yang disembelih di Masjid Agung Solo. Hal itu membuatnya penasaran ingin menonton penyembelihannya.

Ia mengaku sempat melihat Moli setelah selesai mengikuti salat Iduladha. “Tahu. Tadi sempat lihat habis dari masjid,” jelas Almira. Seperti diketahui, Presiden Jokowi rutin memberikan kurban sapi ke dua masjid besar di Solo, yakni Masjid Agung dan Masjid Al Wustho sejak masih menjadi Wali Kota Solo.

Untuk tahun ini ia memberikan dua ekor sapi, yakni Moli yang diberikan ke Masjid Agung dan satunya lagi diberikan ke Masjid Al Wustho Solo. Berbeda dengan Moli yang dibeli dari peternak asal Boyolali, sapi kurban yang diberikan ke Masjid Al Wustho dibeli dari peternak di Ungaran bernama Sutrisno. Beratnya 960 kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya