SOLOPOS.COM - Lestari, pengusaha asal Jogja yang mengaku ditipu Ustaz Yusuf Mansur. (Youtube)

Solopos.com, JAKARTA — Kehidupan Lestari, mantan pengusaha asal Jogja berubah drastis setelah mengenal Jamán Nurchotib alias Yusuf Mansur. Wanita berusia 59 tahun ini diklaim sebagai korban pertama yang ditipu dai kondang tersebut.

Dia mengaku kecewa berat dengan pria yang kini menjadi dai kondang. Dia mengenal sang sang ustaz kali pertama pada 1999. Kala itu, Yusuf Mansur masih lajang dan belum menjadi ustaz.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Namun kebaikannya itu ternyata dibalas keburukan. Lestari menyatakan Yusuf Mansur mengkhianati kepercayaannya hingga membuat rumahnya terjual untuk membayar tanggungan sang dai yang menggadaikan mobil-mobil rental.

“Inget dong dulu, tega banget gara-gara kamu saya enggak punya rumah. Terlunta-lunta di Batam. Kembalikan uang saya yang kamu bawa,” ujar Lestari saat diwawancarai wartawan Thayyibah.com, Sudarso Arief Bakuama, Jumat (8/4/2022) lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Wawancara itu diunggah di kanal Youtube Thayyibah Channel dan dikutip Solopos.com, Senin (11/4/2022). Dalam video itu dia menceritakan kronologi permasalahannya dengan Yusuf Mansur.

Baca juga: Kisah Lestari Dikhianati Yusuf Mansur: Numpang Hidup Malah Jual Rumah

Gadai Mobil

Lestari mengaku selama 10 tahun hidup di Jakarta, semuanya berjalan normal. Namun sejak mengenal Yusuf Mansur, kehidupannya berubah drastis.

Ia dikenalkan seorang rekannya bernama Iwak, untuk penggadaian sebuah mobil. Berawal dari penggadaian pertama itu Yusuf Mansur lantas menggadaikan beberapa mobil lainnya yang ia sebut sebagai milik saudaranya. Belakangan diketahui ternyata semua mobil yang digadaikan Yusuf Mansur itu merupakan mobil sewaan di sebuah rental terkenal di Jakarta.

“Dia menggadaikan mobil ke saya. Pertama starlet Rp10.000. Beberapa pekan kemudian dia membawa dua mobil Kijang, masing-masing digadaikan Rp10 juta,” terang Lestari.

Kala itu Yusuf Mansur mengaku mobil yang digadaikan adalah milik keluarganya. Namun dia tidak bisa menunjukkan BPKB yang belakangan diketahui mobil rental.

“Pas saya pergi ke Cipondoh kalau enggak salah, pulangnya sampai ke gerbang masuk ada petugas di rumah saya. Si Jamán kemudian dibawa sama petugas, ke mana enggak tahu. Akhirnya mobil ditarik sama rental dan uangnya tidak dikembalikan,” kenangnya.

Baca juga: Lestari: Yusuf Mansur Menumpang Hidup, Rumah Saya Malah Hilang

Jual Wartel hingga Rumah

Kala itu Lestari yang masih muda rela menjual harta benda termasuk wartel dan rumahnya untuk menolong Yusuf Mansur. Dia sama sekali tidak mengira akan menjadi korban penipuan orang yang dianggap sangat santun.

“Saya pikir dia orangnya santun, salatnya tekun. Hari-hari dia suka ke rumah. Mobil yang digadai ke saya itu dia sering pakai juga. Saya pikir dia orang baik, saya percaya saja,” sambung dia.

Lestari mengaku telah berulang kali mendatangi rumah Yusuf Mansur untuk menagih tanggung jawab. Sayangnya upaya perempuan tua itu belum berhasil hingga kini.

“Ibaratnya Yusuf Mansur itu menumpang hidup di rumah saya. Sering ke rumah saya, makan di rumah saya. Kalau tidak ada uang untuk makan juga sering saya kasih,” imbuh dia.

Baca juga: Banyak Berita Miring Tentang Dirinya, Yusuf Mansur: Mikirin Aja Enggak!

Akan tetapi, sampai saat ini Lestari belum melihat itikad baik dari Yusuf Mansur. Dia pun meminta sang ustaz bertanggung jawab atas nasibnya yang hidup terlunta-lunta. Hubungan dengan keluarganya pun rusak karena dia dituding penipu lantaran mati-matian membela Yusuf Mansur kala itu.

“Saya sampai dicap penipu sama saudara, karena saya membela Jamán. Saya dulu masih polos. Saya enggak kenal orang yang tipu-tipu. Sekarang baru sadar janjinya bohong. Total uang saya yang dibawa Jamán sekitar Rp25 juta kalau di zaman 1999. Kalau dikonversikan dengan kurs sekarang bisa mencapai Rp2 miliar. Termasuk surat-surat perusahaan miliknya yang juga masih dipegang oleh Yusuf Mansur,” tandasnya.

Sampai berita ini diturunkan, Solopos.com belum mendapatkan konfirmasi dari Ustaz Yusuf Mansur. Dia tampak aktif di Instagram dan menyebut tidak memikirkan banyak berita miring yang menerpa dirinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya