Inilah Kiprah Rachmawati Soekarnoputri di Dunia Politik dan Pendidikan

Rachmawati pernah menjadi Ketua Gerakan Pemuda Marhaen (GPM), Pengurus Yayasan Bung Karno, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno.
Inilah Kiprah Rachmawati Soekarnoputri di Dunia Politik dan Pendidikan
SOLOPOS.COM - Rachmawati Soekarnoputri (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta pagi ini, Sabtu (3/7/2021). Politikus yang kali terakhir berkiprah sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu dinyatakan positif Covid-19.

Seperti dikutip dari situs Kepustakaan Presiden, Perpustakaan Nasional, Sabtu, Rachmawati Soekarnoputri lahir di Jakarta pada 27 September 1950 dengan nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno.

Rachmawati adalah putri Proklamator Sukarno dengan Fatmawati. Saat Fatmawati meninggalkan Istana sebagai protes atas pernikahan Presiden Sukarno dengan Hartini pada 1953, Rachmawati masih berusia 3 tahun.

Baca juga: Kabar Duka, Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Positif Covid-19

Rachmawati menempuh pendidikan SD dan SMP di Perguruan Cikini, Jakarta, SMA Santa Ursula, Jakarta. Rachmawati belajar menari Jawa, Sunda, dan Sumatera. Olahraganya anggar, renang, dan bulutangkis.

Semula, adik Megawati Soekarnoputri itu bercita-cita ingin menjadi dokter. Tetapi ia lulus dari SMA jurusan sosial dan akhirnya ia kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 1969.

Rachmawati, dilansir detik.com,  melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia namun tidak selesai pada 1969.

Dia cukup aktif berkiprah di dunia politik, sosial, dan pendidikan. Rachmawati pernah menjadi Ketua Gerakan Pemuda Marhaen (GPM), Pengurus Yayasan Bung Karno, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno.

Baca juga: Ketentuan PPKM Darurat Jawa Bali

Di dunia kepartaian, Rachmawati sempat mendirikan Partai Pelopor pada 2002-2012. Selanjutnya, dia masuk Partai NasDem (2012-2014), dan kali terakhir tokoh nasional ini berlabuh di Partai Gerindra hingga meninggal dunia di usia 71 tahun.

Diberitakan, Rachmawati Soekarnoputri, meninggal dunia, Sabtu (3/7/2021) pagi.

“Telah berpulang kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Ibu Hj Rachmawati Soekarnoputri. Tadi pagi pukul 06.20 WIB di RSPAD Gatot Soebroto,” kata Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto, Sabtu, seperti dilansir detik.com.

Bambang menyebut Rachmawati meninggal karena sakit.

“Setelah sakit beberapa lama,” katanya.

Baca juga: Profil Rachmawati Soekarnoputri, Masa Kecilnya Diasuh Perempuan Solo

Politikus Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga mencuitkan kabar duka tersebut.

“Berita duka, Innalilahi wa innaillaihi rojiun, Pada 3 Juli 2021, sekitar pukul 06.45 WIB, telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD,” kata Dasco, dilansir bisnis.com.

Duka Mendalam

Ketua Harian Partai Gerindra itu meminta agar rakyat Indonesia mendoakan almarhumah Rachmawati yang merupakan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

“Kami segenap keluarga besar Partai Gerindra sangat berduka yang mendalam dan meminta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan almarhumah semoga husnul khotimah dan mendapatkan tempat yang layak di sisinya,” katanya.

Dasco memastikan Rachmawati positif virus Corona (Covid-19) dan dirawat di RSPAD Gatot Soebroto.

“Covid,” ujar dia.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago