SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Shutterstock)

Harianjogja.com, JAKARTA — Rem mobil merupakan satu-satunya pertahanan terakhir yang memisahkan Anda dari kecelakaan, bahkan kematian. Walaupun Anda bukanlah seorang teknisi mesin, tapi Anda dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan untuk memastikan rem mobil Anda berfungsi dengan benar ketika dibutuhkan.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar kondisi rem mobil tetap bekerja normal sebagaimana mestinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akan tetapi, faktor keselamatan berkendara tidak hanya ditentukan oleh rem mobil Anda, tapi juga oleh cara Anda mengemudi dan kondisi Anda ketika mengemudikan kendaraan.

Memeriksa rem hanyalah salah satu unsur penunjang keselamatan berkendara.

1. Minyak rem

Untungnya, mobil-mobil keluaran terbaru hanya membutuhkan sedikit perawatan untuk oli remnya.

Walaupun fungsi minyak rem sangat penting, tapi justru minyak rem ini yang sering sekali terlewat untuk diperiksa.

Anda sebaiknya memeriksakan silinder utama rem secara rutin, dan pastikan jumlahnya normal serta warnanya juga normal. Tergantung dari jenis cairannya, biasanya minyak rem berwarna jernih atau ungu cerah.

Jika minyak rem berwarna hitam atau cokelat gelap, berarti minyak rem itu sudah saatnya diganti. Anda juga sebaiknya tidak mencampuk minyak rem yang berbeda jenis atau membiarkan air masuk ke dalam minyak rem. Jika Anda kurang benar merawat minyak rem, akibatnya bisa fatal.

2. Komponen aktif

Beberapa komponen rem suatu waktu akan habis masa pakainya karena sering dipakai dalam waktu lama.

Komponen-komponen itu terutama yang merupakan benda aktif dan bergerak, seperti bantalan rem dan kampas rem.

Seiring pemakaian yang rutin, bantalan dan kampas rem itu akan aus dan harus segera diganti untuk memastikan rem tetap bekerja dengan baik.

Sebaiknya Anda memeriksakan rem mobil Anda minimal satu kali setiap tahun. Bagian lain yang juga perlu diperhatikan adalah caliper dan silinder.

3. Tanda peringatan

Anda merasa ada sesuatu yang salah dengan rem mobil Anda? Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa ada suatu masalah dengan rem mobil Anda antara lain:

-Suara mendecit

Jika Anda mendengar ada suara mendecit dari rem mobil Anda, bisa jadi karena bantalan rem lembab. Biasanya lama-kelamaan suara tersebut akan hilang sendiri. Namun, apabila ternyata suara itu tetap ada, segera bawa mobil Anda ke bengkel.

– Pedal rem terlalu dalam

Jika Anda menginjak pedal rem dan terasa lebih dalam daripada biasanya, bisa berarti ada angin di bagian hidrolik remnya. Jika tekanan hidrolik terlalu rendah, mobil Anda tidak akan berhenti walaupun Anda menginjak rem sedalam-dalamnya.

– Bau

Terkadang Anda mencium bau tidak sedap ketika sedang berkendara, terutama ketika sedang berada di turunan. Bau tak sedap itu biasanya muncul dari kampas rem yang bekerja terlalu keras ketika sering mengerem di turunan. Periksalah kampas rem Anda apabila sering mengeluarkan bau tak sedap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya