[ X ] CLOSE

Inilah 10 Perguruan Tinggi dengan Prodi Terakreditasi A Terbanyak, UNS Termasuk?

Berikut 10 besar perguruan tinggi di Tanah Air dengan prodi terakreditasi A terbanyak sebagaimana data di Statistik Perguruan Tinggi 2020.
Inilah 10 Perguruan Tinggi dengan Prodi Terakreditasi A Terbanyak, UNS Termasuk?

Solopos.com, SOLO — Akreditasi adalah penilaian yang digunakan untuk menentukan kelayanan perguruan tinggi dan program studi atau prodi di kampus. Lantas perguruan tinggi mana yang punya prodi terakreditasi A terbanyak?

Perguruan Tinggi dan program studi akan dinilai kelayakannya berdasarkan beberapa kriteria akreditasi yaitu A, B, C, Unggul, Baik Sekali, Baik, dan Belum Terakreditasi.

Kriteria akreditasi Unggul, Baik Sekali, dan Baik tersebut merupakan kriteria akreditasi terbaru berdasarkan Permendikbud No. 5 tahun 2020. Terdapat 6.651 perguruan tinggi yang memiliki akreditas A dan sejumlah 4.373 program studi yang terakreditasi A. Komposisi nilai persentase peringkat A pada perguruan tinggi sudah mencapai 22,61 persen.

Baca Juga: Alasan Prodi Aktuaria Diincar Mahasiswa Baru: Gaji Bisa Tembus Rp50 Juta Sebulan

Berdasarkan data Kemendikbudikti dalam Statistik Pendidikan Tinggi 2020 yang dikutip Solopos.com, Sabtu (24/7/2021), disebutkan pada perguruan tinggi negeri (PTN), prodi terakreditasi A dominan hanya terdapat pada jenjang didik S1, S3, Profesi dan Spesialis. Sedangkan akreditasi yang dominan B terdapat pada D3, D4 dan S2. Sedangkan untuk jenjang D1, D2 dominan belum terakreditasi.

Sedangkan untuk perguruan tinggi swasta (PTS), pada jenjang D3, S1, S2, S3 dan Profesi didominasi oleh akreditasi B. Sedangkan D1, D2, D4 dan Spesialis
dominan belum terakreditasi. Kemudian akreditasi A paling banyak terdapat pada jenjang Spesialis, sedangkan untuk akreditasi C paling banyak terdapat pada jenjang D3.

Lantas perguruan tinggu mana dengan prodi terakreditasi A terbanyak. Berikut 10 besar perguruan tinggi di Tanah Air dengan prodi terakreditasi A terbanyak sebagaimana data di Statistik Perguruan Tinggi 2020.

1. Universitas Gadjah Mada: 205 prodi

2. Universitas Indonesia: 187 prodi

3. Institut Pertanian Bogor: 137 prodi

4. Universitas Airlangga: 123 prodi

Baca Juga: Dua Prodi UNS Buka Kelas Internasional, Ini Keunggulannya

5. Universitas Padjajaran: 122 prodi

6. Universitas Hasanuddin: 109 prodi

7. Universitas Sebelas Maret: 104 prodi

8. Universitas Brawijaya: 104 prodi

9. Universitas Diponegoro: 103 prodi

10. Universitas Pendidikan Indonesia: 99 prodi

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago