[ X ] CLOSE

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Isolasi Mandiri Covid-19, Jangan Sampai Terlewat!

Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjalani isolasi mandiri karena positif Covid-19, jangan sampai ada yang terlupakan!
Ini yang Harus Diperhatikan Saat Isolasi Mandiri Covid-19, Jangan Sampai Terlewat!
SOLOPOS.COM - Ikuti panduan isolasi mandiri dari Kemenkes. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Apa saja yang harus diperhatikan ketika menjalani isolasi mandiri karena positif Covid-19?

Sebagaimana diketahui, isolasi mandiri hanya dilakukan oleh pasien Covid-19 kategori orang tanpa gejala atau OTG hingga gejala sedang.

“Perlu ditekankan syarat kasus positif yang dapat melakukan isolasi mandiri ialah hanya untuk kasus yang tidak menunjukkan gejala atau gejala ringan,” ujar Jubir Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga:  Sebelum Positif Corona, Style Gibran Pakai Celana Retro Inggris Ini Curi Perhatian

Terdapat sejumlah prosedur yang harus diperhatikan, baik sebelum dan saat isolasi mandiri karena Covid-19 dilakukan. Pertama, pasien harus mempersiapkan stok obat-obatan dasar seperti vitamin C, D, Zn atau jenis obat-obatan lain sesuai anjuran dokter.

Kedua, mempersiapkan alat-alat kesehatan dasar, seperti termometer atau pengukur suhu dan oxymeter atau pengukur saturasi oksigen.

Baca Juga: Profil Nunung Srimulat, Artis Asli Solo yang Hidupi 20 Anggota Keluarga

“Mempersiapkan masker dan cairan desinfektan yang dapat terbuat dari air dengan sabun/detergen dalam jumlah cukup,” tambah Wiku.

Ketiga, perlu disiapkan ruangan isolasi terpisah dari anggota keluarga lainnya.

Baca Juga:  Ngaku Punya Kewenangan, Satpol PP Ini Bentak dan Pukul Ibu Hamil Saat Razia PPKM

Keempat, mempersiapkan daftar kontak orang terdekat dan terpercaya maupun hotline untuk kepentingan darurat.

Kemudian hal yang harus diperhatikan prosedur isolasi mandiri Covid-19, yaitu dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Bisa dengan berolahraga 3-5 kali seminggu, makan makanan bergizi seimbang, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

Yang Sering Terlewat aat Isolasi Mandiri Covid-19

Yang sering terlewat ketika isolasi mandiri karena Covid-19 adalah pengelolaan sampah dan limbah harian harus dilakukan dengan hati-hati oleh pendamping, minimal menggunakan APD.

“Barang habis pakai harus disimpan dalam wadah tertutup sedangkan barang tidak habis pakai harus dibersihkan terpisah dengan barang yang digunakan oleh anggota keluarga lainnya,” jelas dia.

Baca Juga: Terbaru! Ini Daftar Instansi CPNS 2021 Sepi Peminat, Ada yang 0 Pelamar

Selain itu, perlu dilakukan disinfektan rutin, khususnya pada alat-alat rumah tangga yang sering disentuh, contohnya gagang pintu, keran, toilet, wastafel, saklar, meja, kursi. Sirkulasi udara dan pencahayaan juga harus diperhatikan.

Sebisa mungkin melakukan pencatatan mandiri terkait perkembangan setiap gejala dan kondisi tubuh seperti suhu tubuh, laju napas, maupun saturasi oksigen per harinya dengan alat kesehatan yang dimiliki.

Baca Juga:  Nikah Ala PPKM Darurat, Pengantin Boyolali Ini Ijab Kabul di Bus dan Muter Tol Solo – Bawen

Jika terjadi kondisi memburuk saat isolasi mandiri Covid-19, yang umumnya ditandai dengan gejala demam, batuk, sesak, napas cepat dengan frekuensi  lebih dari 30 kali per menit, segera hubungi nomor darurat dan layanan dokter atau petugas puskesmas setempat.

Baca Juga:  Punya Harta Hampir Rp1 Triliun, Ini Profil Luhut Binsar Pandjaitan



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago