SOLOPOS.COM - Dua orang pesepeda berfoto-foto saat berkunjung di promenade New Kemukus, Pendem, Sumberlawang, Sragen, Jumat (18/2/2022). (Espos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sragen akan merenovasi tiga masjid dan satu musala di lingkungan objek wisata The New Kemukus untuk mendukung konsep baru Gunung Kemukus sebagai wisata religi.

Baznas Sragen menyerahkan bantuan fasilitas dan berencana merenovasi tiga masjid dan satu musala di lingkungan New Kemukus, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada Jumat (18/2/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baznas juga memberikan 90 paket sembako kepada warga lanjut usia (lansia) di Dukuh Gunungsari dan Kedunguter, Desa Pendem, Sumberlawang, Sragen. Penyerahan bantuan secara sembolis dilaksanakan di Masjid Al Ikhlas dekat lokasi parkir depan New Kemukus.

Baca Juga : Jadi Wisata Keluarga dan Religi, Ini Foto-Foto The New Kemukus Sragen

Penyerahan bantuan itu bersamaan dengan kegiatan gowes Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen. Penyerahan bantuan oleh Ketua Baznas Sragen, Mustaqim, didampingi pengurus Baznas lainnya.

“Kami menyerahkan 90 paket sembako kepada warga lansia di seputaran New Kemukus. Selain itu, Baznas juga memberikan fasilitas ibadah untuk mendukung New Kemukus menjadi wisata religi,” ujar Mustaqim saat berbincang dengan Espos di lokasi New Kemukus, Jumat pagi.

“Fasilitas ibadah itu berupa kipas angin, etalase tempat mukena dan sarung, meja untuk membaca Alquran untuk tiga masjid dan satu musala. Setiap masjid musala juga mendapat 10 sarung dan 10 mukna,” imbuh dia.

Baca Juga : Dukung Gunung Kemukus Jadi Wisata Religi, Baznas Sragen Kasih Bantuan

Sebanyak tiga masjid yang akan direnovasi adalah masjid Al Ikhlas di Dukuh Gunungsari RT 033, masjid Al Hidayah di Dukuh Kedunguter RT 002, dan masjid Al Mutaqin di Dukuh Gunungsari RT 032. Selain itu, satu musala Al Ikhlas di Dukuh Gunungsari RT 033.

“Penyerahan simbolis diberikan perwakilan empat takmir masjid dan musala. Lalu 18 orang lansia. Di empat tempat ibadah itu juga akan kami renovasi. Biaya renovasi menyesuaikan kebutuhan,” jelasnya.

Mustaqim menyebut nilai renovasi masjid Al Ikhlas Rp5,15 juta, masjid Al Hidayah Rp1,91 juta, masjid Al Mutaqin Rp1,35 juta, dan musala Al Ikhlas Rp6,858 juta. Dia mengatakan sumber dana itu berasal dari Baznas.

Baca Juga : Penyimpangan Sejarah Gunung Kemukus Terjadi Sejak Zaman Belanda

Pemberian sembako, kata dia, untuk meringankan beban para lansia sedangkan renovasi masjid dan pemberian fasilitas ibadah sebagai wujud kepedulian untuk New Kemukus sebagai wisata religi. Semua bantuan itu, jelas dia, untuk mendorong warga untuk giat beribadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya