SOLOPOS.COM - Bandara Adisutjipto (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

Solopos.com, KULONPROGO — Dua bandara wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yakni Bandara Adisucipto, Sleman, dan Yogyakarta International Airport (YIA), Temon, Kulonprogo, kemungkinan ditutup jika kondisi Gunung Merapi semakin memburuk.

General Manager (GM) Adisucipto yang juga menjabat sebagai PTS GM YIA, Agus Pandu Purnama, mengatakan pihaknya bersama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) terus melakukan monitoring terhadap kondisi Gunung Merapi yang saat ini berstatus siaga level III.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Wih Ada Bilik Asmara di Pengungsian Merapi Magelang, Ini Fasilitasnya

Dia menjelaskan jika suatu hari nanti gunung tersebut meletus atau minimal mengeluarkan debu vulkanik, maka dua bandara di DIY yakni Adisucipto dan YIA kemungkinan besar akan ditutup sementara.

“Kami di bandara hampir setiap hari monitor [kondisi Gunung Merapi] dengan LPPNPI atau AirNav. Dan sampai dengan saat ini sih tidak ada masalah, artinya kesiapsiagaan kita tetap ada, kalau terjadi hal buruk maka kapan kita close bandaranya dan tindakan lain-lain sudah kita monitoring terus,” jelas Pandu kepada awak media, Selasa (17/11/2020).

Dapat Mengganggu Aktivitas Penerbangan

Lebih lanjut, Pandu mengatakan letusan Gunung Merapi berpotensi memunculkan debu vulkanik.

Motor dan Truk Kecelakaan di Paldaplang Sragen, 1 Orang Meninggal

Apabila debu itu mengarah ke selatan dan barat, yang mana itu merupakan lokasi Bandara Adisucipto dan YIA, maka dapat mengganggu aktivitas penerbangan di dua bandara tersebut.

“Oleh karena itu kami akan terus melakukan monitoring untuk nantinya menentukan langkah yang tepat jika terjadi hal buruk,” ucapnya.

BNPB Gelar Latihan di Atas Meja Hadapi Erupsi Merapi, Seperti Apa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya