SOLOPOS.COM - Bilqis Prasista harus jatuh bangun saat menghadapi Akane Yamaguchi di penyisihan Grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022). Bilqis akhirnya menang dengan skor 21-19 dan 21-19. (Antara/M. Risyal Hidayat)

Solopos.com, BANGKOK – Kemenangan Bilqis Prasista atas tunggal putri peringkat pertama dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi, di penyisihan Grup A Piala Uber 2022 di Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022), menghebohkan dunia bulu tangkis.

Pebulu tangkis kelahiran Magelang, 24 Mei 2003 itu adalah putri dari pasangan legenda bulu tangkis Tanah Air, Joko Suprianto dan Zelin Resiana. Joko adalah peraih tiga kali Piala Thomas pada 1994, 1996, dan 2000 bersama Tim Indonesia, sedangkan Zelin bersama tim Indonesia pernah meraih Piala Uber pada 1994 dan 1996.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berbincang dengan Solopos.com melalui sambungan telepon seusai laga Piala Uber antara Indonesia melawan Jepang, Rabu siang, Joko yang sedang berada di Bangkok, Thailand, menyampaikan beberapa hal yang ia tekankan kepada putrinya, Bilqis, sebelum pertandingan.

“Yang pertama dari awal Bilqis ditunjuk sebagai bagian dari Tim Uber Indonesia, saya sama ibunya [Zelin Resiana] selalu menekankan kepada Bilqis untuk memberikan semua kemampuan. ‘Ini sudah diberi kesempatan oleh PBSI, kalau sudah diberi kesempatan harus bertanggung jawab, all out, tak mau kalah’,” ungkap Joko.

Baca Juga: Piala Uber, Momen Bilqis Prasista Tekuk Peringkat 1 Dunia asal Jepang

Menurut Joko, bentuk tanggung jawab dari seorang pemain bulu tangkis adalah memberikan kemampuan terbaiknya untuk negara seperti di kejuaraan Piala Uber ini. Bilqis sendiri sudah tiga kali meraih kemenangan dalam tiga kali pertandingan.

Pada laga perdana, Bilqis yang turun sebagai tunggal ketiga mengalahkan tunggal putri Prancis, Yaelle Hoyaux, dengan skor 17-21, 21-14, dan 21-18.

Baca Juga: Kalahkan Tunggal Putri No. 1 Dunia, Ini Peringkat Bilqis Prasista

Kemudian pada laga kedua saat menghadapi Jerman, Bilqis yang kembali turun sebagai tunggal ketiga mengalahkan Florentine Schoffski, dengan skor 21-22, 12-21, dan 21-7. Di laga ketiga, Bilqis yang turun di tunggal pertama justru sukses menumbangkan tunggal putri No. 1 dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi, dengan dua game langsung 21-19 dan 21-19.

Baca Juga: Akhirnya, Stefano Lilipaly Resmi Gabung dengan Tim Pesaing Persis Solo

Di sisi lain, secara umum Joko menganggap penampilan Tim Uber Indonesia saat ini sudah cukup baik. “Keberhasilan lolos dari fase grup itu merupakan prestasi yang cukup bagus. Karena secara ranking mereka jauh dari lawan-lawannya,” lanjut Joko.

Untuk peluang Tim Uber Indonesia selanjutnya, Joko berharap bisa menembus empat besar. “Kalau ketemu India mudah-mudahan bisa memberikan perlawanan dan syukur-syukur masuk ke semifinal,” ucap Joko.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya