SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang salat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira kapan waktu yang tepat untuk umat Islam  melaksanakan ibadah salat duha?

Sebagaimana diketahui, salat duha merupakan salat sunah yang dikerjakan pada waktu duha, yakni ketika Matahari terbit hingga terasa panas menjalang salat zuhur.

Promosi Peringati Hari Raya Nyepi, BRI Peduli Bagikan 1.000 Paket Sembako di Bali

Salat duha minimal dilaksanakan dua rakaat dan yang baik adalah empat rakaat. Namun, menurut Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online, jumlah rakaat yang paling utama, yakni delapan rakaat.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah mengetahui jumlah rakaat salat duha yang afdal, kira-kira kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan salat sunah tersebut?

Baca Juga: Hukum Perempuan Haid Masuk Masjid, Berikut Penjelasannya Menurut NU

Masih merujuk NU online, salat duha sebaiknya dilakukan setelah melewati seperempat hari. Artinya, jika satu hari 12 jam, terhitung dari pukul 05.00-17.00 dibagi empat, maka salat duha sebaiknya dilakukan pada seperempat kedua dalam sehari.

Merujuk hal tersebut, salat duha bisa dilakukan sekitar pukul 09.00 pagi. Selain itu, ada cara lain untuk mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan salat Duha dengan mengacu pada jadwal imsakiah yang dikeluarkan oleh Kemenag RI.

Baca Juga: Doa agar Utang Cepat Lunas Menurut Ajaran Rasulullah

Jadwal imsakiah tersebut biasanya mencantumkan waktu syuruq atau waktu terbit Matahari. Caranya, waktu terbit Matahari tersebut ditambah 15-20 menit, maka itulah waktu salat Duha.

Bisa juga menggunakan cara lain, yakni melihat bayangan suatu benda. Jika panjang bayangan sudah sama dengan tinggi badannya, maka masuklah waktu duha. Hal tersebut disebutkan dalam hadis ‘Abasah.

Baca Juga: Spesifikasi Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo: Punya 82 Kubah Bergaya Maroko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya