SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum protein shake. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebelum memutuskan minum protein shake, sebaiknya ketahui waktu terbaik untuk mengonsumsi minuman ini. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Minuman ini biasanya dibuat dengan mencampurkan bubuk protein dengan air atau beberapa jenis susu. Minuman ini menjadi pilihan sebagian orang guna mencukupi kebutuhan protein dan kalori. Tidak sedikit pula orang mengonsumsi minuman ini untuk pembentukan massa otot, di samping rutin melakukan  olahraga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tetapi kapan waktu terbaik untuk minum protein shake? Menurut pakar diet Juliana Tamayo, RDN seperti disiarkan Livestrong, bagi orang yang ingin menambah massa otot, waktu yang disarankan untuk protein shake yakni antara 30 menit dan 60 menit setelah berolahraga.

Menurut dia, ini didasarkan pada gagasan bahwa periode setelah latihan merupakan waktu tubuh menggunakan protein segera untuk membangun otot.

Minum protein shake segera setelah latihan pun menjadi strategi populer guna membantu membangun dan memperbaiki otot. Seseorang memang membakar kalori dan bertambah nafsu makannya selama berolahraga, sehingga dia harus mengisi ulang setelahnya. Protein shake dapat menjadi cara yang cepat dan efektif dalam hal ini.

Tapi ada sedikit bukti untuk mendukung perlunya konsumsi protein setelah berolahraga. Penelitian dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition? tahun 2013 menunjukkan efek mengonsumsi protein segera setelah latihan tidak konsisten.

“Meminum shake tidak membuat perbedaan besar dalam hal penurunan berat badan atau penambahan otot,” ujar Maddie Pasquariello, dikutip dari Antara pada Minggu (5/2/2023).

Menurut metaanalisis pada Desember 2013, mengonsumsi protein setelah berolahraga tidak menunjukkan efek signifikan pada peningkatan kekuatan otot.  Sebaliknya, para peneliti menemukan bahwa jumlah protein yang dimakan orang merupakan faktor yang lebih penting.

“Anda tidak akan kehilangan keuntungan latihan jika menunggu satu jam atau bahkan dua jam setelah berolahraga sebelum menyantap makanan kaya protein atau shake,” kata Spano.

Dia merekomendasikan seseorang untuk mendapatkan protein dalam waktu dua jam setelah berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya