SOLOPOS.COM - Kawasan Wisata Gunung Kemukus dengan wajah baru setelah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/I Yusep Wahyudi)

Solopos.com, SRAGEN — Wajah baru objek wisata Gunung Kemukus di Kecamatan Sumberlawang, Sragen, menjadi daya tarik wistawan dari kalangan keluarga. Mengusung nama baru, The New Kemukus, destinasi wisata di Desa Pendem ini mencoba melepaskan diri dari citra sebagai objek wisata esek-esek yang dulu lekat sekali.

Dengan pembangunan infrastruktur di sana-sini, Gunung Kemukus seolah terlahir kembali. Di objek wisata ini, pengunjung akan bisa menikmati fasilitas baru yang disediakan juga pemandangan alam yang ditawarkan. Ada waktu terbaik bagi pengunjung The New Kemuksu untuk bisa mendapatkan sensasi keindahan itu, yakni waktu petang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalau mau ke sana saya sarankan sore dan tidak hujan, itu bagus. Pengunjung bisa menikmati sunset [matahari terbenam] lalu menikmati lampu,” kata I Yusep Wahyudi kepada Solopos.com, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Ini Dia Orang di Balik Perubahan Citra Kemukus Jadi Wisata Keluarga

Yusep adalah salah satu orang yang berperan besar mengubah Gunung Kemukus menjadi seperti sekarang. Ia getol merevitalisasi Gununng Kemukus sejak menjabat Camat Sumberlawang, kemudian menjadi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) hinga menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Dia mengatakan Disparpora telah menyiapkan event untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sragen pada Mei 2022 di The New Kemukus. Berbagai atraksi seni akan dipentaskan, antara lain pagelaran musik.

Penataan kawasan Kemukus juga tak mengesampingkan kepentingan ekonomi warga sekitar. Di The New Kemukus tersedia selter bagi warga setempat berjualan. Akses objek wisata juga telah didukung dengan berbagai fasilitas pendukung transportasi, antara lain halte baru untuk layanan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Baca Juga: Jadi Wisata Keluarga, The New Kemukus Bukan Lagi Wisata Esek-Esek

Menurut Yusep, Pemerintah Kabupaten Sragen berkomitmen mengembangkan Kemukus dengan semua organisasi perangkat daerah yang terkait mengalokasikan anggaran pada 2022 supaya roda ekonomi Kemukus berpusar.

Selain itu, Pemkab membuat narasi baru Gunung Kemukus atau berupaya meluruskan sejarah melalui konten, diorama, dan museum yang lokasinya di bawah Makam Pangeran Samudra. Para pengunjung dapat berziarah dan mengenal sejarah setempat.

Pengelolaan Gunung Kemukus diharapkan melibatkan warga setempat karena kawasan objek wisata menyatu dengan permukiman penduduk.

Baca Juga: Gunung Kemukus Sekarang Keren, Fasilitasnya Semakin Lengkap

Berdasarkan laman https://lpse.pu.go.id/ proyek penataan Kawasan Gunung Kemukus Kabupaten Sragen yang dibuat 10 Juni 2020. Nilai pagu paket sebanyak Rp62.818.000.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya