SOLOPOS.COM - Ilustrasi fenomena langka penampakan planet berjajar. (Lapan.go.id)

Solopos.com, SOLO — Fenomena langka terjadi mulai Jumat 24 Juni hingga akhir Juni 2022, yakni lima planet berjajar di langit. Lantas kapan waktu yang tepat dan cara melihat fenomena tersebut.

Penampakan planet berjajar dikutip dari Antara dan Lapan.go.id, pernah terlihat pada 2004 dan baru terlihat lagi pada 2022, atau terjadi sekitar 18 tahun kemudian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adapun kelima planet yang bakal terlihat berjajar di langit mulai 24 Juni hingga akhir Juni 2022, adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menjelaskan kapan waktu yang pas untuk melihatnya.

Menurut Andi, fenomena langka 5 planet berjejer di langit tersebut bisa dilihat mulai subuh atau 72 menit sebelum matahari terbit.

Baca juga: Mengejutkan! Ditemukan Sampah di Planet Mars

“Jadi mulai subuh sampai akhir dari fajar atau sekitar 24 menit sebelum matahari terbit di masing-masing wilayah,” jelas Andi.

Menurut Andi untuk melihat fenomena langka dilakukan sesuai waktu subuh di masing-masing wilayah di Indonesia, karena waktu subuh masing-masing wilayah berbeda.

“Waktu subuhnya kan berbeda-beda sesuai dengan lintang dan bujur geografis suatu kota. Jadi kurang lebih sekitar 04.30 WIB hingga 05.30 WIB,” kata Andi.

Terkait arahnya, tetap sama di cakrawala timur dan dapat disaksikan pada awal fajar astronomis atau waktu subuh hingga 24 menit sebelum matahari terbit.

Baca juga: Asisten Virtual Amazon Alexa Bakal Bisa Meniru Suara Orang

Uniknya lagi pada 20 Juni hingga 27 Juni 2022, menurut Andi, fenomena langka tersebut tidak hanya lima planet tetapi menjadi enam benda langit.

“Ada 6 benda langit yang bisa dilihat dari Bumi, yakni Planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan,” jelas Andi.

Kemudian, pada 28-30 Juni, fenomena akan kembali lagi ke konfigurasi lima planet yang sejajar yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu teleskop atau peralatan khusus untuk dapat melihat lima planet berjajar di langit.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya