SOLOPOS.COM - Dari kiri ke kanan: Kepala BPKPD Sragen, Dwiyanto; Kepala Dinkes Sragen, Hargiyanto; dan Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Tugiyono. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Seleksi calon Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen sudah final. Ada tiga nama yang nantinya akan dipilih Bupati Sragen untuk menggantikan Tatag Prabawanto yang akan pensiun per 1 November 2022 ini.

Salah satu calon Sekda itu adalah Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Tugiyono. Sosok Tugiyono terhitung senior di Sragen karena sudah menduduki sejumlah jabatan kepala dinas. Kini, Tugiyono masih mendapatkan tugas tambahan sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Ia ikut merintis berdirinya pelayanan perizinan terpadu di Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Calon sekda kedua adalah Hargiyanto yang kini menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen. Dokter umum itu cukup lama menjabat Kepala Dinkes dan mendapatkan tugas yang luar biasa saat pandemi Covid-19. Seperti Tugiyono, Hargiyanto juga merangkap jabatan sebagai Plt. Asisten III Setda Sragen sampai sekarang.

Calon Sekda ketiga yakni Dwiyanto kini menjabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sragen. Dwiyanto menginisiasi adanya sistem digitalisasi dan sistem jaringan online di Sragen.

Baca Juga: Lima Tak Lolos, Ini 3 Nama Calon Sekda Sragen

Anggota DPRD Sragen, Sri Pambudi, secara umum menyebut ketiga calon Sekda ini memiliki kapabilitas dan kapasitas yang mumpuni. Ketiganya disebut sudah memahami dan terlibat langsung dalam kebijakan anggaran dan posisi keuangan daerah.

“Kalau dibandingkan dengan Pak Tatag tentunya semua ada plus minusnya. Tetapi kami berharap dengan adanya sekda baru akan memunculkan semangat baru. Harapannya ke depan Sragen lebih baik dan bisa menerjemahkan kebijakan-kebijakan untuk kepentingan masyarakat Sragen,” ujar politikus Partai Golkar Sragen itu saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (24/9/2022).

Legislator dari Partai Demokrat Sragen, Inggus Subaryoto, berharap untuk Sekda baru nanti paling tidak bisa menyamai bahkan lebih baik dari Sekda sebelumnya. Dia berpendapat Sekda adalah king maker-nya Kabupaten Sragen. Dia mengatakan Sekda juga harus bisa mengakomodasi kepentingan eksekutif dan legislatif.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Sragen Sebut Bupati Yuni Punya 6 PR Berat di 2023

“Menurut saya, ketiga kandidat itu yang tepat adalah orang bisa mengakomodasi semua kepetingan masyarakat Sragen yang lebih maju karena. DPRD tidak punya hak untuk menentukan yang jadi Sekda,” ujarnya.

Inggus mengucapkan selamat kepada Tatag yang akan purna tugas. Ia mengakui Tatag sebagai sekda terbaik selama duduk di kursi DPRD. “Saya berdoa semoga Pak Sekda bisa menikmati masa purna tugas dengan sehat dan selalu bahagia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya