SOLOPOS.COM - Petugas wisata air perahu di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri membersihkan pelampung dan speedboat untuk persiapan libur Lebaran, Jumat (22/4/2022). (Solopos.com/Muhammad D. Praditia).

Solopos.com, WONOGIRI — Perahu wisata di Obyek Wisata (OW) Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri siap menghadapi momentum libur Lebaran 1443 H/2022 M. Total perahu yang disiapkan saat liburan Lebaran mencapai 30 unit.

Kepala UPT Objek Wisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Wonogiri, Pardiyanto, mengatakan wahana air berupa perahu wisata menjadi wahana unggulan di OW WGM Wonogiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Untuk saat ini wahana air perahu wisata menjadi prioritas dan unggulan di sini [OW WGM]. Dulu waterboom yang jadi unggulan. Tapi sekarang sudah enggak buka lagi,” kata Pardiyanto, kepada Solopos.com, Jumat (22/4/2022).

Sebanyak 30 perahu sudah dipersiapkan untuk menyambut liburan Lebaran. Beberapa perahu sudah dicat ulang. Beberapa komponen perahu juga sudah dilakukan perawatan, seperti mesin dan badan perahu. Perahu wisata itu meyediakan rute perjalanan menuju karamba dan bendungan.

Baca Juga: Waduk Gajah Mungkur Buka, Pengelola Tunggu Instruksi Bupati Wonogiri

“Satu kali pejalanan memakan waktu lebih kurang 20 menit,” katanya.

Salah satu nakhoda perahu, Andri Hatmoko, 30, menerangkan perahu-perahu di OW WGM Wonogiri dalam kondisi layak pakai.

“Mesin-mesinnya sudah diservis. Surat-suratnya juga sudah ada. Belum lama ini juga para nakhoda sudah mengikuti pelatihan,” ucap Andri.

Baca Juga: Pengunjung Waduk Gajah Mungkur Membeludak, Pengelola Minta Bantuan

Harga tiket sekali naik perahu dengan rute ke Karamba senilai Rp10.000 per orang. Satu rombongan yang berisi enam orang tiketnya semilai Rp100.000.

Sedangkan harga tiket dengan rute ke bendungan senilai Rp150.000 untuk satu rombongan yang berisi enam orang.

“Khusus ke bendungan tidak melayani per orang,” ungkap dia.

Baca Juga: WGM Wonogiri Dipadati Ribuan Wisatawan pada Libur Natal dan Akhir Pekan

Andri membeberkan, saat libur Lebaran, dalam sehari bisa 10 kali melayani penumpang, baik dari OW WGM ke karamba atau ke bendungan. Dia berharap OW WGM benar-benar bisa dibuka saa Lebaran tahun ini.

Alhamdulillah masih sepi. Belum ada peningkatan pengunjung. Makanya saya berharap semoga Lebaran ini bida dibuka,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya