SOLOPOS.COM - Ilustrasi Google.(REUTERS)

Solopos.com, JAKARTA -- Google membagikan tips terhindar penipuan online terkait Covid-19. Selama pandemi, Google mencatat ada tren penipuan online memanfaatkan isu tersebut.

Dari penelitian Google, sedikitnya ada 18 juta malware dan phising terkait isu Covid-19. Tak hanya itu, Google juga menemukan ada lebih dari 240 juta pesan spam tentang Covid-19 per hari di seluruh dunia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melihat kondisi itu, Senior Director for Account Security, Identity, and Abuse, Google, Mark Risher, membagikan tips terhindar penipuan online terkait Covid-19. Tips itu ia sampaikan dalam temu media secara virtual di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Mark Risher memberikan tips pertamanya dengan mengetahui cara mendeteksi dan menghindari scam Covid-19. Umumnya, scam Covid-19 muncul dalam bentuk email phising.

Ada Larangan Mudik, Jalan Nasional dan Tol Tak Ditutup

"Maka dari itu jangan terburu-buru dan periksa lagi setiap email Covid-19 yang Anda terima," kata dia.

Hal yang harus diwaspadai yakni jika email meminta informasi pribadi seperti alamat rumah atau informasi bank. Link palsu biasanya meniru alamat situs yang sering diakses banyak orang.

Selanjutnya, gunakan akun emal perusahaan untuk segala hal terkait pekerjaan. Akun perusahaan menawarkan fitur-fitur keamanan tambahan agar informasi perusahaan tetap aman. Jangan lupa aktifkan autentikasi 2 langkah untuk memperkuat keamanan.

Mark Risher juga membagikan tips aman jika memakai aplikasi koferensi video. Saat digunakan, fitur dan kontrol keamanan bawaan di Google Meet akan bekerja otomatis.

Warga Paulan Colomadu Sembuh dari Corona, Status Isolasi Wilayah Dicabut

Aktifkan Autentikasi 2 Langkah

Namun, jika menggunakan aplikasi konferensi lainnya bisa menghidupkan fitur semacam pin untuk membatasi konferensi hanya bisa diakses oleh undangan.

"Jika Anda menerima undangan rapat yang mengharuskan Anda menginstal aplikasi konferensi video baru, selalu pastikan keaslian undangannya," imbuh dia.

Tips terhindar penipuan online terkait Covid-19 berikutnya adalah dengan meng-update keamanan ketika muncul pemberitahuan. Update akan memperbaiki setiap kerentanan keamanan yang telah diketahui. Celah ini biasanya sering dicari dan dieksploitasi oleh peretas.

DIJUAL CEPAT: Yamaha Headset

Mark Risher juga berpesan agar mengunakan pengelola sandi untuk membuat dan menyimpan sandi yang kuat. Untuk menjaga informasi pribadi tetap aman, selalu gunakan sandi yang unik dan sulit ditebak. Alat pengelola sandi ini juga dapat memudahkan mengelola sandi.

"Sebaiknya Anda juga menambahkan Verifikasi 2 Langkah sebagai lapisan pengamanan tambahan, seperti yang mungkin telah Anda lakukan di layanan perbankan online atau lainnya," pesan dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya