[x] close
Ini Tips Rumah Rapi & Bersih Jelang Lebaran
Solopos.com|lifestyle

Ini Tips Rumah Rapi & Bersih Jelang Lebaran

Lebaran atau Hari Raya Idulfitri menjadi biasanya diawali sebagian besar masyarakat Indonesia dengan bersih-bersih rumah.

Solopos.com, JAKARTA — Lebaran atau Hari Raya Idulfitri menjadi momentum yang selalu dinantikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya kaum muslim. Meski perayaan Lebaran tahun ini hanya bisa dilakukan bersama keluarga dan tidak semeriah biasanya, namun tuntutan rumah rapi dan bersih tetap tuntutan bagi hampir setiap orang.

Maklum saja, masih ada beberapa tradisi menyambut Lebaran yang dapat dilakukan oleh keluarga Indonesia seperti membuat kue Lebaran dan masakan khas lebaran, membeli baju seragam keluarga, mempersiapkan THR, termasuk beres-beres seluruh bagian rumah. Bukankah salah satu cara menjadikan momentum hari raya lebih nyaman adalah dengan lingkungan yang bersih dan rapi.

Namun, membersihkan rumah bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang, terutama para ibu rumah tangga sedangkan ada banyak perabotan dan sisi-sisi rumah yang harus dibersihkan dan dirapikan. Untuk membantu para ibu, di bawah ini merupakan beberapa solusi yang dapat dilakukan agar rumah tetap bersih, rapi dan nyaman sebelum lebaran:

Baca Juga: Tes Wawasan Kebangsaan Gergaji Penyidik Kasus Kakap KPK?

1. Jangan Tunda Beres-Beres

Pernahkah kamu merasa rumah selalu berantakan dan akhirnya merasa malas untuk merapikannya? Supaya rumah tetap bersih dan rapi, kamu perlu mengalahkan rasa malasmu dan menjadikan aktivitas membersihkan rumah menjadi sesuatu yang menyenangkan. Ingat, kunci agar rumah selalu bersih dan nyaman adalah dengan langsung membereskan benda-benda yang baru saja digunakan.

2. Langsung Kembalikan Barang setelah Digunakan

Salah satu kebiasaan buruk yang biasanya sering terjadi adalah meletakkan barang sembarangan setelah digunakan. Beberapa contohnya yang kerap kali terjadi dalam keseharian adalah menaruh handuk di sofa, menaruh remote TV di kasur, menaruh laptop di meja makan hingga menaruh gelas di meja ruang tamu. Terkesan mudah untuk dibereskan nanti, namun jika keseringan dilakukan dan menjadi kebiasaan, bisa saja kamu lupa dan lama kelamaan benda tersebut hilang. Dengan selalu mengembalikan barang ke tempat semula, kamu akan semakin terbiasa untuk hidup rapi dan teratur.

3. Prioritaskan Barang Sering Dipakai di Tempat Mudah Dijangkau

Jika merasa kurang bisa membersihkan dan mengatur barang, tak ada salahnya untuk mencoba solusi ini. Caranya adalah selalu tempatkan barang-barang yang sering digunakan di rak atau tempat penyimpanan paling depan.
Tujuannya, agar kamu bisa dengan mudah menjangkau dan mengembalikannya tanpa membuat barang yang jarang digunakan menjadi berantakan. Solusi ini paling efektif digunakan untuk menyimpan pakaian dan alat makan lo.

4. Beli Alat Kebersihan Otomatis dan Canggih

Saat ini teknologi sudah semakin canggih dan memudahkan hidup manusia. Jika memiliki budget lebih, boleh berinvestasi di peralatan kebersihan otomatis yang dapat diakses dengan mudah dari smartphone kamu. Salah satu contohnya alat pel otomatis yang bisa kamu akses dan diatur dengan mudah. Sebelum tidur, kamu bisa atur agar alat pel otomatis bisa membersihkan kamar tidur dan ruangan lain selama 2 jam. Setelah selesai, alat pel otomatis pun akan kembali dengan sendirinya ke stationnya.

5. Gunakan Layanan Jasa Bersih-Bersih Rumah

Jika tidak memiliki sumber daya untuk bantu beberes atau budget lebih untuk membeli peralatan kebersihan high end dan canggih, menggunakan jasa bersih bersih rumah bisa dipilih untuk menghemat waktu dan energi lho. Mulai dari general cleaning hingga cuci sofa dan kasur, semua tersedia dengan mudah dan terjangkau.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago