SOLOPOS.COM - Ilustrasi Interior All New Xenia. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Momen libur Lebaran telah usai dan masyarakat telah kembali melanjutkan rutinitas masing-masing. Kendaraan bermotor khususnya mobil harus tetap terjaga kondisinya setelah dipakai menempuh perjalanan jauh untuk mudik Lebaran. Daihatsu memiliki beberapa tips merawat mobil tetap prima setelah dipakai mudik Lebaran.

Aktivitas mudik menggunakan mobil pribadi dapat menempuh perjalanan yang cukup jauh, ditambah beragam kondisi yang menantang lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kondisi semacam itu dapat memengaruhi kondisi mobil sehingga butuh beberapa perhatian agar tetap prima pasca digunakan mudik.

Berikut ini beberapa tips merawat mobil agar tetap prima dan siap digunakan beraktivitas kembali dari Daihatsu:

Ekspedisi Mudik 2024

Jaga Kebersihan Eksterior & Interior

Tips pertama adalah memastikan mobil agar tetap berkilau. Cuci mobil dengan sampo mobil, hilangkan baret dengan compound, bersihkan sisa makanan/minuman. Jangan lupakan vacuum seluruh interior dan lap panel serta beri pengharum.

Cek Komponen Mesin, Transmisi, Gardan, dan Rem

Pastikan tidak ada tetesan atau kebocoran oli dan cairan tidak berubah warna, dan perhatikan level cairan di antara min-max.

Baca Juga: Kamu Bisa Dapat Mobil Daihatsu Rocky Seharga Rp120.000, Kok Bisa?

Cek Kondisi Aki

Tips merawat mobil setelah dipakai mudik adalah soal aki. Pastikan level cairan aki cukup bagi yang menggunakan aki basah, casing tidak retak atau menggelembung, dan tidak ada korosi di terminal (-).

Cek Bagian Kelistrikan

Pastikan melakukan pengecekan seperti bohlam indikator pada odometer, kelayakan kondisi kabel (tidak ada yang putus atau sobek), dan pastikan tidak ada benda asing yang menempel pada komponen.

Intip Kaki-kaki dan Ban

Pastikan karet ban tidak sobek dan tidak ada baut yang kendur, tekanan angin pada ban cukup, tidak ada baret dan benjolan, serta bersihkan ulir ban dari kerikil yang terselip.

Itu beberapa tips merawat mobil setelah dipakai mudik. Bagi pelanggan yang tidak ingin repot dapat mengunjungi Bengkel Resmi Daihatsu terdekat atau dapat menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022 Lebih Tenang, Daihatsu Siapkan 65 Bengkel Siaga

Pelanggan juga dapat memanfaatkan Program “Traktiran AstraPay” untuk mendapatkan layanan free interior pro cleaner seharga Rp90.000, serta “Kinclongin” Free Poles All Body untuk minimum pengecatan 3 panel, serta diskon 25% untuk pengerjaan AC. Program ini berlaku di seluruh Jaringan Bengkel Astra Daihatsu (syarat & ketentuan berlaku).

“Sahabat dapat menjaga kendaraan Daihatsunya agar kondisi tetap prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang. Sahabat dapat mempercayakan mobil Daihatsu kesayangannya di bengkel resmi Daihatsu terdekat agar dilakukan perawatan secara maksimal oleh para mekanik handal Daihatsu”, ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sepanjang arus mudik Lebaran tahun ini, Daihatsu mencatat lebih dari 12.000 pemudik berkunjung ke bengkel siaga, atau naik sebanyak 166% dibanding mudik tahun 2019 lalu sebanyak 7.000 kunjungan.

Ada pun secara persentase, sebanyak 52% pemudik banyak yang melakukan service ringan, 47% servis berkala, dan 0,4% servis body repair.

Sedangkan pada fasilitas pos siaga, terdapat 6 area Pos Siaga Daihatsu seperti di Lampung, Cikampek, Cipali, Salatiga, Jombang, dan Paiton. Dari keseluruhan Pos Siaga, tercatat 215 unit kendaraan yang berkunjung untuk memanfaatkan fasilitas seperti perawatan kendaraan, area beristirahat, cek kesehatan gratis, dan promo pembelian oli.

Baca Juga: Cari City Car? Ini Harga Daihatsu Ayla Bekas

Secara persentase, tercatat sebanyak 63% pemudik melakukan service ringan (rem, aki, ganti oli), 32% general repair (AC, transmisi, steering), dan 4% servis berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya