Ini Tips Menggunakan Peralatan Listrik Agar Rumah Aman dari Kebakaran
Solopos.com|lifestyle

Ini Tips Menggunakan Peralatan Listrik Agar Rumah Aman dari Kebakaran

Perhatikan dan pahami cara menggunakan peralatan dan perabotan listrik agar aman dan terhindar dari kebakaran.

Solopos.com, SOLO -- Peralatan rumah tangga semakin banyak menggunakan aliran listrik. Penghuni rumah harus benar-benar paham cara menggunakannya agar tidak muncul petaka, seperti kebakaran. Berbagai peralatan listrik memang tidak boleh diperlakukan sembarangan

Berikut tips menggunakan alat elektronik di rumah agar aman seperti dikutip dari hipwee.com.

1. Ikuti instruksi penggunaan alat elektronik
Jika kamu membeli suatu alat elektronik, tentu kamu akan mendapati adanya petunjuk penggunaan pada buku panduan. Jangan sekadar dijadikan pajangan saja ya, kamu perlu memahami dan mempelajarinya karena kita bisa mendapatkan berbagai informasi mulai dari cara penggunaan alat, cara merawat dan menyimpan alat elektronik tersebut.

Baca Juga ; Tips Desain Kamar Tidur Ini Bisa Bikin Happy Anak

2. Perhatikan daya listrik
Sebelum membeli alat elektronik, periksa dahulu daya listrik apakah sesuai dengan daya listrik alat elektronik yang akan kamu beli.

3. Hati-hati menghidupkan atau mematikan alat elektronik
Faktor ini perlu sekali kamu perhatikan ketika akan menggunakan alat elektronik. Perhatikan kondisi stop kontak saat kamu akan mencabut atau mematikan alat elektronik. Sebaiknya jangan langsung mencabut stop kontak dari alat elektronik ketika posisi masih menyala.

Perhatikan tangan ketika akan memegang alat elektronik

4. Beri sedikit ruang di sekitar alat elektronik
Peralatan listrik yang kita pakai menghasilkan energi panas di sekitarnya. Karena itu, jangan meletakkannya di tempat tertutup karena komponen di alat elektronik mengeluarkan energi panas yang bisa membuatnya terbakar dan tidak dapat dipakai lagi.

Baca Juga ; Ornamen Ini Bikin Rumah Lebih Atraktif dan Menyenangkan

5. Jangan menyentuh peralatan listrik jika tangan basah
Perhatikan tangan ketika akan memegang alat elektronik. Jangan sekali-kali ketika tanganmu basah memegang alat elektronik. Karena air sendiri menjadi konduktor listrik sehingga kamu bisa tersengat listrik dan hal ini sangat membahayakan. Sebaiknya pakai lap kering untuk melapisi tangan yang basah untuk mencabut listrik atau kamu bisa lap tanganmu terlebih dahulu sampai benar-benar kering setelah itu baru kamu mencabut alat elektronik yang menyala.

6. Jangan letakkan alat elektronik dekat bahan kimia
Bahan kimia merupakan bahan yang sering menjadi penyebab kebakaran. Maka dari itu, kamu perlu menaruh alat elektronik jauh dari barang-barang kimia.

7. Matikan alat elektronik jika lampu padam
Jika rumahmu mengalami gangguan listrik maupun mati lampu, segera matikan alat elektronik sebelum menyala kembali. Cabut semua kabel dan ketika listrik kembali menyala, kamu bisa menancapkan kabel  yang ingin kamu nyalakan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago