SOLOPOS.COM - Tips agar bisa beli mobil baru. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Berencana membeli mobil baru atau mau mengganti mobil lama dengan yang baru? Bagi yang memiliki dana berlebih hal itu tidak masalah.

Namun bagi yang memiliki dana tidak terlalu banyak tentu harus dipikirkan beberapa hal untuk mencapai keinginan membeli mobil baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Otodriver.com, untuk mencapai keinginan tersebut banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya perencanaan.

Menurut Perencana Keuangan Karoline Cinti, untuk membeli mobil baru hal pertama yang harus diperhatikan yaitu perencanaan, penghitungan dan pengeluaran lain yang pasti terjadi.

Mengutip halaman Terra, menurutnya, memiliki mobil merupakan komitmen jangka menengah, biasanya dibutuhkan 2 sampai 5 tahun untuk memperoleh kendaraan.

Baca juga: Mobil Listrik Rp75 Juta Dijual di Indonesia, Beneran Nih!

Kemudian, apakah membayar tunai, atau melunasinya dalam jangka panjang. Perhatikan pengeluaran lain sebelum melakukan cicilan.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan? Simak tips di bawah ini agar Anda dapat membeli mobil baru dengan langkah terbaik!

Menyiapkan anggaran dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang merupakan langkah mendasar bagi siapa saja yang ingin memulai perencanaan keuangan, apalagi yang ingin memiliki mobil.

Anda harus mengidentifikasi uang digunakan dan membuat penilaian pengeluaran saat ini. Tujuannya untuk mengumpulkan jumlah uang yang dibutuhkan untuk jangka membeli mobil.

Baca juga: Harga Vespa Kuning Yang Dipakai Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Wow!

Hilangkan pengeluaran yang berlebihan dan lakukan kontrol serta berusaha untuk mempertahankan pola tabungan, untuk dapat menyimpan uang bulanan.

Selanjutnya Anda bisa mengecek setiap pengeluaran agar sesuai dengan jadwal yang telah dicanangkan. Siapkan juga dana darurat dalam perencanaan keuangan.

Ini untuk hal yang tak terduga sebelum pembelian mobil baru sehingga mencegah tabungan digunakan. Selain itu, dana darurat juga berfungsi untuk melakukan semua perawatan preventif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya