SOLOPOS.COM - Katy Perry. (Billboard)

Solopos.com, SOLO-Acara Met Gala 2022 mengusung tema In America: An Anthology of Fashion dengan dresscode gilded glamour atau bisa diartikan glamour berlapis emas. Apa maknanya?

Seperti dikutip dari Elle, Selasa (3/5/2022), mengingat acara berlangsung di ruang museum yang berpusat pada periode, tema Gilded Glamour kemungkinan dimaksudkan sebagai penghormatan kepada sejarah Amerika, khususnya Zaman Gilded yang berlangsung kira-kira dari tahun 1870-1900.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tema  yang diusung Met Gala 2022 itu mengingatkan pada Zaman Gilded. Pada era tersebut diketahui untuk terjadi industrialisasi besar, ketika raksasa bisnis seperti John D. Rockefeller, J.P. Morgan, dan Cornelius Vanderbilt mengumpulkan kekayaan mereka.

Tapi menurut buku Mark Twain yakni The Gilded Age: A Tale of Today, yang menyelidiki isu-isu yang mendasari periode tersebut, kata gilded tak selalu berarti “emas”, melainkan lapisan tipis emas.

Baca Juga: Deretan Idol KPop Ini Pernah Hadiri Met Gala, Siapa Saja Ya?

Nama itu juga mengacu pada kemunafikan zaman saat kekayaan tidak dapat menyembunyikan ketidaksetaraan pendapatan yang sangat besar, pergolakan politik, dan rasisme pasca Perang Saudara.

Rockefeller memiliki perkebunan besar sementara rata-rata masyarakat saat itu tinggal di rumah petak kemungkinan akan menarik perhatian penonton di era modern, lalu menyaksikan miliarder meluncur ke luar angkasa sementara negara itu dilanda pandemi.

Baca Juga: Busana 4 In 1 Lady Gaga Curi Perhatian di Met Gala 2019

Undangan Met Gala bersifat selektif, dan tiket masuk acara ini sekitar US$35.000 atau sekitar Rp508 jutaan, sementara untuk meja mulai dari US$200.000-US$300.000 dolar atau setara Rp2,9 miliar-Rp4,3 miliar.

Berikut serba-serbi Met Gala 2022 seperti dikutip dari The New York Times, Selasa (2/5/2022):

Kapan acara dimulai?

Para tamu akan diberikan petunjuk terkait waktu kedatangan untuk menghindari kerumunan di karpet merah. Waktu kedatangan dimulai pada pukul 17.30 dan berakhir pada pukul 20.00. Sosok-sosok terkenal biasanya datang kapan pun mereka mau, bahkan kadang sampai pukul 21.30.

Siapa saja para host-nya?

Regina King, Lin-Manuel Miranda, dan pasangan Blake Lively dan Ryan Reynolds. Pihak yang mendapatkan kehormatan dalam acara ini termasuk Anna Wintour dari Vogue, Adam Mosseri yang menjabat sebagai kepala Instagram dan Tom Ford.

Apa tema acara tahun ini?

Acara ini menandai pembukaan acara blockbuster tahunan Costume Institute, dan aturan berpakaian pesta biasanya bertema pameran. Tahun ini, Met Gala mengusung tema In America: An Anthology of Fashion dengan dresscode glamour berlapis emas, gilded glamour.

Baca Juga: Madonna Pakai Mahkota Desainer Indonesia di Met Gala 2018

Bagaimana dengan tindakan pencegah Covid-19?

Para tamu harus memberikan bukti status vaksinasi dan tes PCR negatif Covid-19. Mereka juga diminta untuk memakai masker di dalam ruangan kecuali saat makan atau minum.

Apa yang bisa diharapkan penonton dari segi mode?

Jika Anda menonton The Gilded Age, Anda akan mendapatkan idenya. Pikirkan mode antara tahun 1870 dan 1890. Pikirkan buku Astors, Vanderbilts, Whitneys, dan Edith Wharton. Pikirkan emas, korset, bustles, dan lengan besar. Pikirkan dasi putih, bukan hitam.

Para perancang yang hadir hampir selalu datang dengan selebriti mereka sendiri. Begitu juga dengan para tamu yang mengusung label-label tertentu. Pada 2018, misalnya, untuk Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination, penyanyi Rihanna datang sebagai Paus. Sementara itu, Katy Perry mengenakan sayap malaikat yang sangat besar lalu Sarah Jessica Parker memasukkan seluruh unsur Natal di kepalanya.

Apakah Elon Musk hadir?

Dia menjadi peserta reguler dalam beberapa tahun terakhir karena memenuhi semua kriteria untuk bisa hadir di acara. Met Gala hanya untuk undangan. Tahun ini, seperti pada tahun 2021, ada sekitar 400 pihak yang terpilih dalam daftar tamu yang dijaga dengan kerahasiaan.

Baca Juga: Anting-Anting Karya Rinaldy Yunardi Curi Perhatian di Met Gala 2017

Editor Vogue Amerika sekaligus direktur artistik Conde Nast, Dame Anna Wintour bisa memutuskan siapa saja yang diundang dan peserta acara. Ini berarti meskipun sebuah perusahaan membeli sebuah meja, tetap tidak dapat memilih semua orang yang duduk di meja itu.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya