SOLOPOS.COM - GM Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Margo Makmur MT Amin (kiri) bersama warga Cupuwatu 2 Purwomartani Kalasan yang menerima UGK pembangunan jalan Tol Jogja-Solo, Selasa (26/10). (Harian Jogja-Abdul Hamid Razak)

Solopos.com, SLEMAN– Proses pembebasan lahan jalan tol Jogja Solo di Purwomartani, Kalasan sudah menyerap anggaran Rp344 miliar. Jumlah tersebut belum termasuk penyaluran uang ganti kerugian (UGK) untuk Cupuwatu senilai Rp126 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo, Wijayanto mengatakan pemerintah menyalurkan UGK kepada warga Cupuwatu 2. Penyaluran UGK digelar dalam dua hari, Selasa (26/10/2021) sebanyak 50 warga dan Rabu (27/10) sebanyak 40 warga.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

“Untuk Cupuwatu 2, dana UGK yang salurkan sebesar Rp126 miliar sebanyak 96 bidang. Hari ini [kemarin] diberikan kepada 50 pemilik bidang. Besok [Kamis] bagi 46 pemilik bidang,” katanya, Selasa (26/10).

Baca juga: Cinta Ditolak, Pemuda Ini Sebar Foto Bugil ABG Gebetan di Medsos

Dia menjelaskan, hingga Oktober ini dana UGK yang disalurkan pemerintah untuk pembebasan lahan tol Jogja Solo sudah sebesar Rp1,93 Triliun. Dana tersebut disalurkan untuk membebaskan 157,95 hektare atau 1.924 bidang.

Sebagian besar lahan yang dibebaskan berada di Jawa Tengah. Rinciannya, sebanyak 1.631 bidang atau 145,5 hektare dengan dana UGK yang disalurkan sebesar Rp1,58 triliun. Sementara DIY baru mencapai sebanyak 293 bidang atau 12,4 hektare dengan dana UGK yang disalurkan sebesar Rp344 miliar.

“Ini belum termasuk Cupuwatu 2. Kami masukkan setelah ada berita acara realisasi karena bisa jadi ada yang diretur,” katanya.

Baca juga: Gempa Bantul Pagi Ini, Hanya Terasa 5 Detik

Konstruksi Tol Jogja Solo

Disinggung soal kelanjutan kegiatan musyawarah warga Temanggal 1, Kalasan, ia belum dapat memastikan jadwalnya. Jika masih memungkinkan, kegiatan musyawarah warga Temanggal 1 akan digelar pada November mendatang.

“Kalau masih ada sisa anggaran musayawarah warga Temanggal 1 kami gelar November. Sehingga diharapkan UGK Tol Jogja Solo bisa disalurkan pada awal tahun depan. Kalau Desember tidak memungkinkan karena LMAN tutup tahun,” katanya.

GM Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Margo Makmur MT Amin mengatakan secara umum proses pembebasan lahan baik di DIY maupun Jateng berjalan lancar. Konstruksi tetap berjalan di Kartasura, Jawa Tengah. Untuk di Purwomartani, katanya, masih menyelesaikan proses kliring lahan.

“Mungkin setelah Cupuwatu selesai dibebaskan kegiatan konstruksi bisa dilakukan. Mungkin dilaksanakan tahun ini, tapi saya masih perlu koordinasi dengan tim konstruksi dulu,” katanya.

Baca juga: Ngeri! Wisatawan Di Bantul Temukan Bangkai Penyu Tanpa Kepala

Pihaknya menargetkan seluruh pembebasan lahan untuk Tol Jogja Solo bisa selesai maksimal pada pertengahan tahun 2022. Sebab selain menjadi batas waktu berlakunya Penlok (penetapan lokasi), pemerintah menyediakan dana Rp3 triliun untuk menyelesaikan pembebasan sisa lahan untuk seksi 1 di Klaten dan Sleman.

“Untuk anggaran tahun depan disediakan Rp5 triliun. Untuk menyelesaikan pembebasan lahan disediakan Rp3 triliun. Insyaallah pertengahan tahun depan selesai sebelum Penlok selesai Juli tahun depan semua sudah bisa dibebaskan. Keburu Penlok habis,” katanya.

Salah seorang warga Cupuwatu 2 penerima UGK Purwantara mengatakan dua bidang tanah sawahnya terkena proyek jalan tol sekitar 1400 meter persegi. Ia mengaku UGK yang diterima sesuai dengan ekspektasinya. Bahkan dana yang diterima dibelikan sawah lagi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya