Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.
Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi bekerja lembur. (freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata. Nah, jika berada di lingkungan seperti ini sebaiknya putuskan untuk berganti pekerjaan lain.

Mengutip dari Pink Villa, Jumat (3/12/2021), tempat kerja yang beracun atau toxic dan tidak sehat akan lebih memprioritaskan kesuksesan dan uang daripada kesejahteraan karyawannya. Jam kerja yang panjang, tidak adanya uang lembur, tidak pernah menerima kenaikan posisi dan gaji, meskipun produktivitas tinggi akan membuat Anda stres. Bila ini terjadi, maka kondisi pekerjaan ini bisa saja tidak baik bagi kesejahteraan mental, fisik, dan emosional.

Mengutip Bisnis.com, Jumat (3/12/2021), berikut ini ciri-ciri tempat kerja toxic:

1. Tidak ada istirahat di sela-sela kerja

Tanda pertama tempat kerja toxic adalah tidak ada istirahat padahal istirahat merupakan hak karyawan. Jika bos Anda tidak mengizinkan Anda istirahat di sela-sela kerja, maka ini akan memberikan tekanan kerja. Maka Anda perlu berbicara dengan bos atau segeralah mencari pekerjaan baru.

Baca Juga: Pria dengan Weton Ini Mudah Selingkuh, Cek Yuk!

2. Kritik pedas

Apakah Anda menghadapi ketakutan setiap kali mendapatkan umpan balik dari atasan Anda? Ketakutan ini mungkin karena Anda takut dikritik atau sering dikritik keras oleh atasan Anda, tidak peduli seberapa baik Anda melakukan pekerjaan Anda. Umpan balik harus memberi Anda kesempatan untuk tumbuh, bukan takut karenanya!

3. Mengabaikan kesejahteraan

Pekerjaan akan semakin produktif, bila kondisi tubuh Anda bugar dan sehat. Namun, jika kantor Anda terus menurunkan banyak pekerjaan di pundak Anda, tanpa memperhatikan kapasitas mental Anda, maka itu adalah kekhawatiran besar. Pekerjaan yang terlalu banyak, bisa menyebabkan kelelahan, sakit kepala karena bekerja terlalu banyak, selama berjam-jam, tanpa istirahat.

Baca Juga: Studi Ungkap Plastik Picu Penyakit Kardiovaskular dan Kolesterol

4. Tidak ada pengakuan atas pekerjaan Anda

Lingkungan kerja yang kurang sehat, bisa terjadi karena Anda merasa kehilangan motivasi karena tidak pernah dihargai oleh atasan Anda. Bos Anda harus dapat memberi Anda umpan balik tepat waktu tentang kesalahan Anda dan juga memuji Anda atas pekerjaan baik Anda. Keseimbangan ini dapat membantu seorang karyawan untuk produktivitas kerja dan tetap semangat tinggi.

Baca Juga: Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

5. Salah mengambil tanggung jawab

Hanya karena Anda junior tim, bukan berarti Anda terus menerus disalahkan atas kesalahan orang lain. Jika Anda disalahkan atas kesalahan orang lain, bahkan setelah mengungkapkan keprihatinan Anda, maka tempat kerja yang beracun ini tidak menghormati Anda atau pekerjaan Anda.

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago