SOLOPOS.COM - Kampas Rem Motor (astramotor.co.id)

Solopos.com, SOLO — Rem adalah bagian penting bagi kendaraan bermotor. Untuk pengendara sepeda motor, rem menjadi salah satu fitur keamanan dalam berkendara. Karena jika tidak berfungsi dengan baik bisa membahayakan pengendara.Untuk itu segera diperbaiki.

Agar tidak sampai terjadi kecelakaan, sebaiknya Anda rajin mengecek kondisi kampas rem. Fungsi kampas rem penting, karena jika kondisinya sudah tipis, proses pengereman tidak maksimal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk itu harus dilakukan pengecekan, jika kampas rem yang merupakan komponen dari rem sepeda motor sudah tipis dan membahayakan harus segera diganti. Memang kapan waktunya penggantian kampas rem tidak bisa ditentukan.

Baca juga: Tips Otomotif: Ini Akibatnya Jika Tangki BBM Tak Full

Hal ini mengingat tergantung kepada penggunaan sepeda motor itu sendiri. Namun, ada beberapa faktor atau tanda yang bisa dijadikan patokan bahwa sudah saatnya mengganti kampas rem motor Anda.

Menurut Baim, Mekanik RI Matic Shop, Pondok Kopi, Jakarta Timur, dikutip dari astramotor.co.id, penggantian kampas rem motor bisa dilakukan dalam kurun waktu dua – tiga bulan. Namun bisa lebih dari waktu itu.

Ada beberapa indikator atau tanda yang bisa digunakan untuk mengetahui atau segera mengecek kondisi kampas rem apakah sudah aus atau belum. Yakni perhatikan piringan rem motor Anda.

Baca juga: Rem Blong, Bus Angkut 40 Orang dari Demak Kecelakaan Di Tawangmangu

Jika posisi kampas rem yang menjepit piringan masih lebar, itu pertanda kampas rem motor Anda masih bagus kondisinya. Namun jika posisi kampas rem sudah menghimpit piringan, tandanya kamas rem motor harus segera diganti.

Tanda lainnya adalah timbulnya suara yang mengganti. Terlebih saat dilakukan pengereman. Ini bisa jadi pertanda kampas rem sudah aus. Karena suara itu muncul dari gesekan piringan rem dengan kampas yang tinggal platnya saja.

Jika kampas rem sudah uas sebaiknya segera diganti, jangan memaksakan berkendaraan dengan kondisi kampas rem yang seperti itu, berbahaya. Jadi penggantian kampas rem tidak bisa dijadwalkan, namun bisa melihat tanda atau indikator di atas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya