SOLOPOS.COM - Kolak pisang merupakan salah satu takjil yang paling dicari pembeli. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Dari sekian banyak hidangan, ada sejumlah takjil favorit umat muslim Indonesia untuk buka puasa.  Simak ulasannya di tips puasa Ramadan kali ini.

Berdasarkan survei Populix berjudul Embracing Ramadan 2022 ada sejumlah takjil favorit untuk buka puasa di Indonesia. Sebagai informasi, Populix melakukan survei terhadap 1.492 responden di berbagai kota besar Indonesia pada 1-19 Maret 2022. Dari jumlah itu, responden yang beragama Islam sebanyak 1.257 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari hasil survei tersebut gorengan menjadi menu favorit umat muslim di Indonesia untuk berbuka puasa ketika Ramadan. Ada 74% responden yang memilih makanan tersebut sebagai hidangan berbuka puasa.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Jualan Takjil Buka Puasa yang Menguntungkan

Ekspedisi Mudik 2024

“Hasil survei menunjukkan, mayoritas atau 74% responden menyatakan gorengan adalah menu makanan yang disajikan untuk berbuka puasa. Kemudian, sebanyak 72% responden menyajikan kolak dan 65% responden menyajikan nasi dan lauk pauk,” demikian bunyi temuan survei tersebut seperti dilansir dari Instagram @katadatacoid, Rabu (6/4/2022).

Sedangkan kolak berada di urutan kedua dalam daftar takjil favorit umat muslim Indonesia dengan 72% responden yang menyantapnya untuk berbuka puasa. Kemudian, 65% responden memilih nasi dan lauk untuk berbuka puasa. Persentase responden yang memilih kue tradisional dan mi goreng untuk berbuka puasa masing-masing sebesar 38% dan 16%. Kemudian, ada 11% responden yang berbuka puasa dengan menu kue.

Sebanyak 10% responden lebih suka menyantap pempek saat berbuka puasa. Sedangkan, proporsi responden yang memilih berbuka puasa dengan bubur dan menu lainnya masing-masing sebesar 9% dan 6%.

Baca Juga: Tike Priatnakusumah Pilih Berbuka Puasa dengan Kurma

“Selain itu, kue tradisional juga menjadi sajian untuk berbuka puasa yang dinyatakan oleh 38% responden. Ada juga 16% responden yang menyajikan mi goreng, dan 11% responden menyajikan kue,” lanjutnya.

Berikut ini adalah 8 menu berbuka puasa favorit masyarakat Indonesia berdasarkan survei dari Populix:

Baca Juga: Catat! Ini Manfaat Makan Kurma untuk Buka Puasa

– Gorengan (74%)
– Kolak (72%)
– Nasi dan lauk pauk (65%)
– Kue tradisional (38%)
– Mie goreng (16%)
– Kue (11%)
– Pempek (10%)
– Bubur (9%)

Nah dari daftar takjil favorit umat muslim Indonesia tersebut, kamu termasuk tim yang mana? Dari hasil survei takjil favorit umat muslim Indonesia tersebut, tidak sedikit warganet yang kaget. Pasalnya pempek yang bercita rasa asam manis dinilai tidak aman untuk lambung. Selain itu warganet juga menyesalkan gorengan jadi favorit. “Makan buah napa. Gorengan prioritas,” tulis warganet.

“Siapa sih yg suka makan gorengan pas buka puasa?” tulis warganet.

“Nilai gizinya ga ada. Harusnya habis puasa itu byk makan buah atau rebusan. Tapi ya begitulah, masyarakat ga tau mana makanan yg baik dan yg engga buat tubuhnya sendiri,” kritik warganet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya