SOLOPOS.COM - Ilustrasi Google form yang siap dikirim. (Teknoinside.com)

Solopos.com, SOLO — Google Form adalah salah satu fitur atau layanan yang di sediakan oleh Google tepatnya pada Google Drive. Ini cara membuat Google form bisa untuk pendaftaran.

Google form seperti dikutip dari Teknoinside.com dan Sepulsa.com, adalah formulir online yang disediakan Google drive.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Formulir online ini dapat anda gunakan untuk berbagai keperluan, seperti pendaftaran komunitas, event, bahkan untuk survei, dan sebagainya.

Bagi Anda yang sudah pernah mengisi formulir online mungkin tak asing. Namun belum tentu tahu cara membuatnya, nah berikut cara membuat Google form.

Sebelum membuat, Anda harus sudah memiliki akun gmail terlebih dahulu. Jika sudah punya, berikut langkahnya.

Baca juga: Kini Bahasa Indonesia Tersedia di Platform Zoom

1. Masuk ke Akun Google

Cara membuat Google form, pertama login ke akun Gmail anda untuk masuk ke Google Drive. Atau Singkatnya Klik : https://docs.google.com/forms/u/0/.

2. Buat Google Form Baru

Pada Google Drive, klik tombol Plus yang berada di bagian kanan bawah pojok.

3. Mengisi Pertanyaan

Jika sudah terbuka, masuk ke tab Pertanyaan dan masukkan judul formulir pada kotak yang telah di sediakan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Fitur Terbaru Mobile Legends, Bisa Dimainkan Dalam Kondisi Offline

4. Mengisi Ketentun Jawaban

Di bawah kotak Judul Formulir, terdapat beberapa pertanyaan yang dapat anda isi sesuai dengan kebutuhan anda. Jenis pertanyaannya yang butuh jawaban singkat.

5. Menambah Pertanyaan

Anda dapat memilih jenis pertanyaan yang akan anda publikasikan dengan cara klik kotak yang di tandai dengan warna merah. Untuk menambah pertanyaan, anda dapat mengeklik icon + (Tambah).

6. Isi Pilihan Ganda

Jika pertanyaan sudah ditambah, untuk pertanyaan berikutnya, cara membuatnya dapat memilih lagi jenis pertanyaan lainnya di Google form. Bisa memilih jenis pertanyaan Pilihan Ganda.

Baca juga: Cara Melacak dan Hapus File Duplikat di HP, Biar Memori Lapang

7. Penggunaan Paragraf

Cara membuat pertanyaan selanjutnya di Google form, Anda dapat memilih Paragraf jika pertanyaan yang akan anda berikan memiliki jawaban yang panjang.

8. Membuat Form Upload File

Jika anda membutuhkan jawaban yang di sertai dengan file (foto, dokumen, pdf) pilih jenis pertanyaan Upload File. Kemudian atur jenis file, maksimum dan minimum ukuran file.



9. Kustomisasi Layout

Pada sudut kiri atas terdapat menu Colour Plate yang dapat anda gunakan untuk mewarnai formulir yang anda buat dan tombol Preview utuk melihat hasil form yang telah dibuat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya