Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ini Syarat Persis Solo Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022

Persis Solo masih bisa lolos ke perempat final Piala Presiden 2022 asalkan PSS seri atau kalah dari Dewa United sedangkan Persis mengalahkan Persita Tangerang.
SHARE
Ini Syarat Persis Solo Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022
SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo Fabiano Beltrame meluapkan kegembiraan seusai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang pada pertandingan grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (21/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO—PSIS Semarang menjadi satu-satunya tim di Grup A yang telah memastikan lolos ke perempat final Piala Presiden 2022. Satu tiket sisanya masih diperebutkan empat tim yaitu PSS Sleman, Persita Tangerang, Dewa United FC dan Persis Solo.

Tuan rumah Persis Solo meski kini menghuni dasar klasemen Grup A masih berpeluang lolos ke delapan besar. Harus tergantung dengan laga PSS vs Dewa United, ini syarat Persis Solo lolos saat melawan Persita Tangerang di laga pamungkas grup di Stadion Manahan Solo, Senin (27/6) malam.

PromosiJos! Petani & Peternak Klaten Bisa Jadi Penopang Kedaulatan Pangan

Persis baru mengantongi 2 poin hasil dua kali hasil seri dan sekali kalah. Tim besutan Jacksen F. Tiago ini meraih hasil seri 0-0 saat melawan PSS Sleman, 11 Juni 2022. Sedangkan melawan PSIS, Persis takluk dengan skor 1-2, 21 Juni lalu. Dan terakhir, Persis hanya mampu berbagi angka dengan Dewa United 1-1, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Hadapi Persis Solo di Laga Pamungkas Grup A, Persita Siap Main Terbuka

Laskar Sambernyawa akan lolos ke babak perempat final Piala Presiden 2022 dengan syarat menang atas Persita Tangerang. Namun, jika PSS Sleman mampu mengalahkan Dewa United, peluang Persis otomatis tertutup. Demikian juga dengan kans Persita.

Saat ini, PSS Sleman paling berpeluang mendampingi PSIS Semarang lolos dari fase grup. Skuat besutan Seto Nurdiyantoro ini telah mengemas 4 poin, hasil sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah. PSS juga bertengger di urutan kedua klasemen Grup A Piala Presiden 2022.

Akan tetapi jika PSS meraih hasil seri dengan Dewa United, sementara Persis menang dari Persita, jumlah poinnya sama 5. Jumlah poin sama juga bisa terjadi ketika Dewa United mengalahkan PSS, sementara Persis Solo menaklukkan Persita. Poin Dewa United dan Persis Solo sama-sama 5 poin.

Baca Juga: Persis Solo vs Persita Tangerang, Misi Ganda Laskar Sambernyawa

Mengacu pada regulasi Piala Presiden 2022, penentuan tim yang lolos mendamping PSIS Semarang ke perempat final pun akan ditentukan berdasarkan head to head. Penentuannya adalah:

  1. Poin hasil pertandingan di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama.
  2. Selisih gol yang lebih baik dari hasil pertandingan yang melibatkan klub-klub yang memiliki poin sama.
  3. Jumlah gol memasukkan dari pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama.

Jika prosedur head-to-head ini tidak dapat menetapkan peringkat bagi tim yang memiliki poin sama, maka berlaku tiebreaker. Jika masih sama maka dihitung selisih gol klub-klub terkait dalam seluruh pertandingan di grup tersebut. Andai masih, sama maka mengacu pada jumlah gol memasukkan. Tim yang mencetak gol lebih banyak berhak berada di posisi teratas.

Jika semua aturan di atas belum juga bisa membedakan peringkat, maka mengacu pada perolehan kartu kuning dan merah (fair play). Tim paling sedikit kartu kuning dan merah menempati posisi lebih baik.

Baca Juga: Suporter Bokongi Lapangan Kecewa Permainan Persis, Pelatih Anggap Wajar

Sementara itu, Dewa United juga masih berpeluang lolos ke perempat final. Tim berjuluk Tangerang Warriors ini bisa lolos jika pada laga terakhir menang dari PSS, sementara Persis Solo bermain seri dengan Persita Tangerang.

Persita yang pada dua laga pertama ditaklukkan PSIS dan PSS juga masih berpeluang lolos ke perempat final Piala Presiden 2022. Dengan catatan, Persita menang dari Persis Solo, sementara PSS kalah atau meraih hasil seri dengan Dewa United.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode