SOLOPOS.COM - Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen. (Youtube.com)

Solopos.com, SEMARANG — Wakil Gubernur Jawa Tengah atau Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, menyebut Program Desa Sejahtera yang digagas Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) bisa mengurangi angka kemiskinan yang relatif masih tinggi di Jateng.

“Program Desa Sejahtera ini sangat tepat untuk mengurangi jumlah masyarakat miskin yang ada di Jateng, khususnya daerah yang tingkat kemiskinannya eksterm,” kata Taj Yasin, dilansir dari Antara, Rabu (8/12/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pria yang karib disapa Gus Yasin ini mengatakan Program Desa Sejahtera antara lain melakukan pelatihan ekonomi dan keterampilan usaha bagi kelompok perempuan di tingkat desa.

Baca juga: Ganjar Bentuk Satgas Kemiskinan Ekstrem Jateng, Ini Tugasnya

“Desa yang bisa memenuhi prasarana dasar dan bisa menyejahterakan masyarakatnya. Program yang bertujuan untuk mewujudkan desa sejahtera dan mandiri itu, sudah menjadi program BKOW sejak tiga tahun terakhir, tapi baru terealisasi pada 2021,” katanya.

Pemprov Jateng juga melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan bantuan kepada anak-anak yang kehilangan orang tua akibat terdampak pandemi Covid-19. Selain itu, Pemprov Jateng juga mengandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng untuk membantu pemugaran rumah tidak layak huni, serta pelatihan keterampilan wirausaha.

“Dengan adanya Program Desa Sejahtera yang diinisiasi oleh BKOW ini, kami harapkan tidak butuh waktu lama bisa mengentaskan desa miskin pada kawasan miskin ekstrem yang ada di Jateng,” katanya.

Baca juga: Bruk! Wagub Jateng Jatuh saat Buka Pelatihan Siaga Tanggap Bencana

Pemprov Jateng, lanjut Wagub, mendapat perintah dari Wakil Presiden Maruf Amin untuk menanggulangi kemiskinan ekstrem di lima daerah di provinsi setempat. Kelima daerah itu yakni Kabupaten Pemalang, Banyumas, Banjarnegara, Brebes, dan Kebumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya