SOLOPOS.COM - Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mencoba mengolah sampah di TPS3R Kelurahan Surodikraman, Kecamatan Ponorogo, Jumat (21/1/2022). (Istimewa/Pemkab Ponorogo)

Solopos.com, PONOROGO — Sampah menjadi masalah di berbagai daerah, tak terkecuali di Kabupaten Ponorogo. Untuk mengatasi masalah sampah, Pemerintah Kabupaten Ponorogo membangun Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R).

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengatakan TPS3R ini sangat penting untuk mengurai masalah sampah di Ponorogo. Terlebih dalam sehari sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) mencapai 90 ton.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ini pemkab baru membangun tiga TPS3R yang tersebar di lokasi yang berbeda. Pemkab berencana bakal menambah tiga TPS3R lagi pada tahun anggaran 2022.

Baca juga: Tega! Pria Ponorogo Aniaya Ibu Kandung Gara-Gara Uang Penjualan Kayu

“Saat ini ada tiga TPS3R. Tahun ini ada tiga lagi. TPS3R ini bertujuan untuk memantik kesadaran masyarakat,” kata dia seusai meresmikan TPS3R di Kelurahan Surodikraman, Jumat (21/1/2022).

Sugiri menyampaikan fasilitas ini bertujuan untuk mengelola sampah menjadi barang yang berguna. Nantinya sampah-sampah domestik bisa diolah menggunakan teknologi yang ada di TPS3R. seperti sampah organik bisa dicacah dan dijadikan kompos. Sedangkan sampah yang memiliki residu tinggi, seperti plastik, diapers, pembalut, dan lainnya yang tidak bisa diurai akan diolah menjadi refuse derived fuel (RDF) pengganti briket.

“Prinsipnya, sampah yang dulu dianggap masalah kini bisa dikelola dengan baik dan bisa menjadi berkah,” kata bupati.

Baca juga: Batal Jadi Lokasi Pengelolaan Sampah, Lahan di Mantren Karanganyar Ditanami Sayuran

Lebih lanjut, dia berharap teknologi yang ada di TPS3R ini bisa mengatasi masalah persampahan di Ponorogo. Masyarakat yang ada di desa juga harus membuang sampah pada tempatnya.

“Makanya kebijakan kami ada anggaran RT per tahun salah satunya diperuntukkan untuk pengelolaan sampah,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya