;

Ini Spot Nonton Pelepasan Lampion Waisak 2022 di Borobudur

Begini cara menyaksikan pelepasan ribuan lampion dalam puncak perayaan Waisak di Candi Borobodur pada Senin (16/5/2022).
SHARE
Ini Spot Nonton Pelepasan Lampion Waisak 2022 di Borobudur
SOLOPOS.COM - Pengunjung menerbangkan lampion perdamaian saat perayaan Waisak 2563 BE/2019 di Taman Lubini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/5/2019). Pelepasan ribuan lampion itu merupakan simbol perdamaian serta menjadi rangkaian perayaan Tri Suci Waisak.(ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO)

Solopos.com, MAGELANG — Puncak perayaan Tri Suci Waisak Nasional umat Buddha Indonesia 2566 BE di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, akan ditandai dengan pelepasan ribuan lampion pada Senin (16/5/2022). Acara ini digelar di Pelataran Candi Borobudur yang dilaksanakan dalam dua sesi.

General Manager (GM) Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Aryono Hendro Malyanto, mengatakan, pelepasan lampion sesi pertama bagi wisatawan reguler, yakni pukul 17.00 WIB. Kemudian ada sesi kedua pada 20.00 WIB.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Teknisnya sendiri, akan dipisahkan orang yang sudah membeli tiket lampion dan masyarakat atau wisatawan yang mau menyaksikan. Karena tempatnya kita bedakan, jadi biar tidak saling mengganggu,” kata Aryono, saat ditemui Solopos.com diruang kerjanya, Minggu (15/5/2022) sore.

Pembagian akses tersebut, jelas Aryono, yaitu bagi wisatawan reguler bisa memakai gerbang atau gate lama dan baru, maupun gate khusus wisatawan. Sementara bagi umat Buddha yang ingin mengadakan prosesi sembahyang atau ibadah Waisak bisa melalui pos pintu tujuh.

“Jadi akan terpisah, antara umat dengan para wisatawan yang datang,” jelas dia.

Baca juga: Air Berkah Waisak Diambil di Umbul Jumprit, Airnya Bisa Bikin Awet Muda

Ekspedisi Energi 2022

Mengenai asal produksi lampion, Aryono menuturkan berasal dari supervisor Thailand. Ia juga menambahkan, awalnya yang akan diterbangkan berjunlah 2022.

“Info dari panitia seperti itu. Terus, sebenarnya target awal ada 2022 (lampion). Tapi mungkin karena kita lihat kondisi lahan dan sebagainya kurang (menjadi bersesak-desakan), ahirnya tidak jadi (2022),” tutup dia.

Diberitakan sebelumnya, rangkaian acara Waisak Nasional 2022 di Candi Borobudur telah berlangsung sejak 14 Mei. Diawali dengan pembagian sembako dan pengambilan api alam dari Mrapen, Kabupaten Grobogan, lalu pengambilan air berkah dari umbul jumprit di Kabupaten Temanggung dan ditutup dengan Dharmasanti Waisak.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago