Ini Sederet Bantuan yang Diperoleh Anak Yatim Piatu karena Covid-19

Berikut ini beberapa bantuan yang bakal diperoleh anak yatim piatu karena Covid-19 dari pemerintah. Kira-kira apa saja ya?
Ini Sederet Bantuan yang Diperoleh Anak Yatim Piatu karena Covid-19
SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak yatim piatu. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah memastikan akan memberikan bantuan kepada anak yatim piatu karena Covid-19.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Minggu, 15 Agustus 2021.

“Perlindungan dan kesejahteraan anak merupakan prioritas utama pemerintah. Negara akan hadir untuk melindungi semua anak yang merupakan bagian penting dari masa depan bangsa ini,” ujar dia.

Baca Juga: Ditentukan Hari Ini, Begini Prediksi Nasib Indosat dan Tri Jika Batal Merger

Menurutnya, pemerintah senantiasa berupaya memberikan perlindungan dan kesejahteraan anak dengan menjamin hak-haknya. Bagi anak-anak yang kehilangan orang tua karena Covid-19, pemerintah memberikan perlindungan dan bantuan agar mereka mampu melanjutkan hidup.

“Pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan berbagai bantuan kepada anak-anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19. Pemerintah berupaya memastikan anak-anak bangsa bisa terus melanjutkan hidup sebagai harapan dan masa depan Indonesia,” tambah dia.

Baca Juga: Selasa Pukul 10.17 WIB, Harap Berdiri Sempurna Selama Tiga Menit

Adapun bantuan untuk anak yatim piatu karena Covid-19 ini berupa kebutuhan mendasar, seperti obat-obatan, vitamin, tes swab, vaksinasi, serta kebutuhan lainnya.

Pemerintah juga memberikan konseling untuk anak-anak dan keluarga mereka. Pemerintah juga berupaya menyatukan kembali anak dengan keluarga besar mereka untuk mencegah anak kehilangan hak pengasuhan.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, 34% Lembaga PAUD di Jateng Kehilangan Murid

Dia menambahkan pemerintah turut memfasilitasi pengasuhan alternatif melalui pengasuhan oleh orang tua asuh atau panti asuhan, serta membantu keluarga besar anak untuk mengatasi kesulitan dalam mengasuh anak. Upaya lain dengan memberikan terapi fisik, psikososial dan mental spiritual juga diberikan kepada anak untuk mengatasi rasa sedih dan trauma karena kehilangan orang tua akibat Covid-19.

“Pemerintah mendukung anak-anak agar mendapatkan akses pendidikan dan fasilitas kesehatan yang layak,” pungkas dia.

Baca Juga:  Apakah Ivermectin Memang Efektif untuk Obat Covid-19?


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago