SOLOPOS.COM - Begini kegiatan Earth Day Network di ISI Solo, Rabu (22/4/2015). (JIBI/Solopos/Dok.)

Foto selfie belakangan jadi tren. Namun di balik fenomena itu ada sederet bahaya yang mengancam.

Solopos.com, JAKARTA — Foto selfie ternyata berisiko mengancam keamanan identitas sang pemilik foto. Profesor Ilmu Komputer, yang juga mantan Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII), Richardus Eko Indrajit mengingatkan agar masyarakat tidak sembarangan mengunggah hasil swa-foto atau selfie.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Alasannya karena selfie ternyata bisa disalahgunakan karena berpotensi mengancam keamanan identitas sang pemilik foto.

“Selfie memiliki kerentanan. Vulnerability-nya adalah saat Anda memotret wajah dari dekat maka secara tidak langsung Anda memotret retina mata Anda. Dari gambar selfie, retina mata Anda terlihat jelas. Apalagi jika menggunakan kamera resolusi tinggi. Jika dipindai, semua selesai,” kata Eko dalam seminar Virtus Security Day 2015 yang berlangsung di Jakarta Selatan, Kamis (30/4/2015) sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Seperti diketahui, saat ini banyak sistem keamanan yang menggunakan pemindai biometrik atau alat pindai yang memanfaatkan metode komputerisasi yang menggunakan aspek-aspek biologi terutama karakteristik unik yang dimiliki oleh manusia seperti retina mata.

Pengenalan Wajah

Selain itu, selfie juga bisa digunakan untuk memanipulasi aplikasi yang mensyaratkan pengenalan wajah.

“Sekarang berapa jenis aplikasi yang dilihat mukanya, face recognition? Kalau mukanya diganti foto sama seperti finger print? Bekas gelas bisa diambil, kelihatan sidik jarinya, bisa saya pakai masuk ke komputer. Kalau selfie kan mata kita bikin high definition lama-lama bisa detail tuh, nah selesai sudah,” katanya.

Eko yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer itu juga mengingatkan dengan memposting selfie di media sosial juga bisa berakibat pada tindak kriminal lain mengingat lokasi pengambilan foto bisa langsung diketahui.

“Kalau dulu jadwal pejabat rahasia, sekarang kalau presidennya ke sini selfie, presidennya ke sana selfie, kan jadi tahu ada di mana dan berhubungan dengan siapa dan sebagainya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya