SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington D.C., Amerika Serikat, Selasa (10/5/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana, dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Rombongan dengan pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington D.C., Amerika Serikat, Selasa (10/5/2022) sekitar pukul 21.40 waktu setempat atau pukul 08.40 WIB, Rabu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak disambut pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) saat tiba di Negeri Paman Sam. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Teuku Faizasyah menyayangkan pihak-pihak yang beranggapan negatif tanpa memahami situasi yang sebenarnya terjadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sangat disayangkan mengambil kesimpulan tanpa paham situasi sebenarnya,” ujarnya saat dimintai konfirmasi seperti dikutip Bisnis, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Terbang 24 Jam, Presiden Jokowi Mendarat di Washington D.C.

Dia menjelaskan, kedatangan Jokowi disambut oleh Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani. Namun, alasan tidak ada pejabat AS yang menyambut Jokowi dan rombongan lantaran kunjungan Kepala Negara bukan sebagai kunjungan bilateral, tetapi dalam rangka menghadiri ASEAN-US Summit.

“Kunjungan Presiden RI ke Washington D.C, bukan kunjungan bilateral, tetapi dalam rangka hadiri ASEAN-US Special Summit,” katanya.

Faizasyah mengatakan pada hari yang sama ada juga pemimpin negara lain yang tiba dan disambut pejabat negara masing-masing. Dia menyayangkan jika ada kesimpulan negatif atas kedatangan Jokowi di AS tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games Vietnam

“Pada hari ketibaan 10 Mei, terdapat pula PM Kamboja, PM Malaysia, dan PM Vietnam dan masing-masing dijemput oleh pejabat yang sama dari negara yang bersangkutan,” ujarnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam lawatannya ke AS itu ialah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Dalam kunjungan kerja ke Washington D.C. selama dua hari tersebut, Presiden diagendakan mengikuti rangkaian pertemuan ASEAN-US Special Summit (KTT Khusus ASEAN-AS).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tiba di Gedung Agung Bersiap Berlebaran di Yogyakarta

Setelah rangkaian pertemuan selesai pada Jumat (13/5), Presiden kembali dari AS dan dijadwalkan tiba di Tanah Air Minggu (15/5).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya