SOLOPOS.COM - Ketua DPC Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto. (Istimewa/Dokumentasi Suryo Suminto)

Solopos.com, WONOGIRI — Sejumlah kepala desa (kades) di Kabupaten Wonogiri disebut-sebut berencana mencalonkan diri sebagai anggota legislatif melalui Partai Gerindra saat Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Mereka akan nyaleg setelah purna dari jabatan kades.

Menjadi anggota DPRD merupakan salah satu pilihan mantan kades setelah purna tugas. Ketokohan mereka menjadi magnet tersendiri untuk mendulang suara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua DPC Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto, mengklaim sejumlah kades telah menyampaikan keinginan itu kepadanya secara langsung. Mereka ingin membangun karier politik melalui legislatif setelah purna tugas sebagai kades.

Baca Juga : Karaoke Bareng PK, 4 Kades di Pati Terancam Diberhentikan

Suryo menyambut baik hal tersebut. Menurut dia, kades memiliki modal awal yang sangat berguna dalam meraih suara. Modal itu seperti popularitas dan kinerja selama menjadi pemimpin di level desa.

Selain itu, mereka merupakan tokoh yang sudah dikenal warga. Setidaknya di lingkup desa masing-masing dan sekitarnya. Jika kades sudah menjabat selama beberapa periode, hal itu membuktikan kades tersebut dipercaya masyarakat.

Hasil pembangunan di desa yang mereka capai menjadi bukti bahwa sudah memberi kontribusi kepada masyarakat. “Mereka sudah menjalin komunikasi dengan kami. Setelah nanti purna tugas mereka berkomitmen mau nyaleg lewat Gerindra. Ada juga kades yang sudah purna tugas menyampaikan pengin nyaleg lewat Gerindra,” kata Suryo saat dihubungi Solopos.com, Jumat (18/2/2022).

Baca Juga : Terjerat Kasus Korupsi, Dua Mantan Kades Ditahan Kejari Grobogan

Disinggung mengenai persiapan menghadapi Pileg 2024, dia mengatakan pengurus partainya sudah mulai menyiapkan diri tanpa meninggalkan persiapan pilkada. Namun, porsi konsentrasinya lebih besar pada persiapan pileg.

Bahkan, ia menyebut bahwa pengurus Partai Gerindra sudah membuka penjaringan calon anggota legislatif (caleg), tetapi secara informal. Pengurus Gerindra berkomunikasi dengan tokoh-tokoh internal maupun eksternal potensial.

Contoh Nyata

Bagi yang menyatakan ingin nyaleg, katanya, tokoh bersangkutan dijadikan kader maupun pengurus partai di tingkat kecamatan. Mereka dimasukkan ke Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) organisasi.

Baca Juga : Salurkan Dana Desa Dengan Baik, 3 Kades di Grobogan Dapat Penghargaan

“Khusus kades yang mau nyaleg, belum bisa menjadi kader atau pengurus. Itu karena mereka masih bertugas sebagai kades. Jika nanti sudah purna tugas, kepentingan mereka akan kami akomodasi. Bisa dikatakan saat ini mereka baru menginden tempat di Gerindra,” ulas Suryo.

Gerindra menargetkan meraih sembilan kursi DPRD pada 2024. Target itu lebih tinggi lima kursi dibanding perolehan kursi pada Pileg 2019. Saat itu Gerindra memperoleh empat kursi dari empat dapil, yakni dapil I, II, IV, dan V. Empat dapil tersebut pada Pileg 2024 mendatang ditarget mampu menyumbangkan delapan kursi.

“Kami sudah meminta agar legislator dari empat dapil tersebut maju lagi pada Pileg 2024 untuk mempertahankan kursi. Dapil III menjadi perhatian khusus kami karena pada Pileg 2019 tidak memperoleh kursi. Pileg 2024 nanti dapil III harus memperoleh kursi setidaknya satu,” terang Suryo.

Baca Juga : Waduh! Beredar Kabar Kades di Mojogedang Karanganyar Diancam dan Diperas soal BST

Sambil mempersiapkan diri menghadapi pileg, lanjut Suryo, Gerindra Wonogiri berkomunikasi informal dengan sejumlah tokoh membicarakan pilkada. Suryo menyebut persiapan pilkada tetap perlu dilakukan meski konsentrasinya tidak sebesar persiapan pileg.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, ada anggota DPRD Wonogiri yang sebelumnya pernah menjabat sebagai kades. Dia, Widiyatno dari Fraksi Golkar. Ia pernah menjabat Kades Eromoko, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri.

Dia menjadi salah satu legislator berdasar hasil Pileg 2019. Saat itu, dia mencalonkan diri dari Dapil I yang meliputi Kecamatan Wonogiri, Selogiri, Wuryantoro, Manyaran, dan Eromoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya