SOLOPOS.COM - Suasana Kampung Nglurah di Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar yang diresmikan oleh Pemkab setempat sebagai Kampung Wisata Sewu Kembang, Selasa (15/3/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kampung Nglurah di Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu bisa dibilang jadi surganya tanaman hias di Kabupaten Karanganyar. Seluruh warga di kampung ini berjualan tanaman hias beragam jenis.

Maka wajar saja jika Kampung Nglurah ditetapkan menjadi Kampung Wisata Sewu Kembang oleh Pemkab Karanganyar pada Selasa (15/3/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di kampung ini terdapat sekitar 600 keluarga dengan jumlah penduduk sekitar 1.600 jiwa. “Di sini 100 persen penduduknya berbisnis tanaman hias,” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Nglurah, Sumardi, Selasa.

Bagai Anda pecinta tanaman hias dan tertarik untuk mengunjungi Kampung Wisata Sewu Kembang ini cukup mudah. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, bisa sepeda motor ataupun mobil.

Baca Juga: Nglurah, Kampung Tanaman Hias di Tawangmangu Beromset Ratusan Miliar

Ini rute menuju Kampung Wisata Sewu Kembang dari Alun-alun Karanganyar. Jaraknya sekitar 27 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Dari Alun-alun Karanganyar, Anda harus jalan ke arah timur menuju Tawangmangu. Anda bisa menuempuhnya melalui Matesih atau Karangpandan. Jalur Matesih realtif berkelok-kelok, sementara lewat Karangpandan rutenya terbilang lurus.

Begitu sampai di Pasar Wisata Tawangmangu, jalan pelan-pelan. Terus melaju hingga menemui Gedung Panti Pelayanan Sosial Anak, Tawangmangu di sebelah kanan atau sisi selatan jalan.

Di samping gedung tersebut atau di sebelah timur gedung tersebut ada gang ke kanan atau ke selatan. Susuri jalan tersebut sejauh sekitar 1,4 km. Anda harus berhari-hati karena jalannya berkelok dan menanjak lumayan curam. Pastikan kendaraan Anda sehat dan rem berfungsi dengan baik untuk menghindari kejadian tak diinginkan.

Baca Juga: Watu Gambir Park, Destinasi Wisata Alternatif Asyik di Karangpandan

Jika Anda masih bingung, cukup gunakan gawai dan klik Google Maps. Simpel.

O iya, pengunjung bisa mendatangi Kampung Wisata Sewu Kembang Nglurah ini secara gratis. Karena lokasinya seperti kampung pada umumnya, namun dipenuhi dengan tanaman hias. Pengunjung hanya harus membayar tarif parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya